Buku "Fashion Quotes" Pertama di Indonesia

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/02/26/2227124p.jpg

KOMPAS.com - "Saya yakin, banyak orang yang mencuri gaya saya..."

Wow... kecuali Anda adalah Ichwan Hakim Thoha, perancang dan pemilik label busana "Ichwan Thoha" itu, Anda pasti akan dianggap sombong atau narsis ketika mengucapkan kalimat seperti itu. Karena, sebagai perancang Ichwan memang tak sekadar membuat baju, tetapi juga dikenal mampu menciptakan style. Dan, dalam kesehariannya pria berdarah Betawi ini selalu konsisten dengan gaya khasnya, yang tak jauh dari konsep rancangannya yang berkarakter edgy, retro-futuristic, urban tailored, dan constructive.

Kalimat narsis itu sendiri merupakan salah satu kutipan (quote) yang dimuat dalam buku perdananya, 103 Fashion Quotes by Ichwan Thoha. Dalam buku setebal 217 halaman ini, Anda masih akan menemukan 30-an quotes dari Ichwan. Sebagian kecil masih bernada narsis, namun selebihnya merupakan suatu dorongan agar setiap orang berani bergaya. "Bergayalah, atau pulang saja...", atau "Beranilah tampil beda. Hidup terlalu singkat untuk memikirkan gunjingan orang lain", begitu katanya.

Namun, tentu, sebagai perancang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang fashion design, Ichwan merasa perlu bertanggungjawab dengan cara orang berbusana. Karena itu dalam kutipan-kutipan berikutnya, lulusan LaSalle Fashion College Singapura ini juga mendorong agar orang lebih cermat dalam bergaya. Beberapa di antaranya seperti, "Mampu membeli, belum tentu pantas memakai", atau "Minimalis tidak harus minim".

Kutipan-kutipan Ichwan selanjutnya juga menjadi suatu ungkapan kecintaan dan sikap profesionalnya pada dunia fashion. Ia mengungkapkan, tak seperti kebanyakan orang yang berusaha memahami fashion, memanipulasi, atau memaksakan diri, ia justru terlahir dengannya. Selera fashion baginya tidak bisa diajarkan, karena hal itu merupakan suatu anugerah. Dalam gaya yang lebih "serius", Ichwan juga mengatakan bahwa sebagai perancang tentunya seseorang wajib mendesain sebuah koleksi. Jika tidak, perancang tersebut tak akan diakui eksistensinya.

Selain petikan dari Ichwan, buku ini masih menyodorkan puluhan quotes menarik dari tokoh-tokoh inspiratif lain yang dikenal mencintai fashion. Selain desainer, pengamat fashion, dan model, ada pula pemain film, pemusik, koreografer, dan sosialita.

Buku terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ini bisa diperoleh dengan harga Rp 80.000.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar