Warga Banjarnegara Diminta Waspada Ancaman Longsor

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Masyarakat yang berada di kawasan longsor di Kabupaten Banjarnegara diingatkan untuk waspada.

Bencana terakhir mengakibatkan dua orang tewas ketika rumah yang berada di bawah tebing tertimbun tanah, Jumat (4/11/2011) petang.

Pasca kejadian tersebut, Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo mengeluarkan surat edaran tentang ancaman bahaya longsor.

Bupati yang baru dilantik sebulan lalu itu menginstruksikan agar para camat dan kepala desa di desa-desa rawan longsor untuk siaga 24 jam terlebih saat hujan deras.

"Hari ini surat edaran diteken. Para camat dan kades untuk siaga. Warga yang di daerah rawan perlu dingatkan soal ancaman bahaya longsor," kata Sutedjo usai menyerahkan bantuan kepada keluarga korban tewas tanah longsor di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pegedongan Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (5/11/2011) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, tanah longsor menimbun rumah warga dan mengakibatkan dua penghuninya, bapak-anak, Boymin (28) dan Tulus Anjar Setiawan (5), warga RT 4 RW 3 Dukuh Lemah Abang, desa setempat menjadi korban.

Saat kejadian, keduanya korban sedang tiduran di ruang keluarga.

"Saat kejadian suami dan anak saya sedang tiduran di ruang keluarga. Tiba-tiba tebing longsor dan menjebol tembok persis di dekat mereka," kata Sati, istri korban.

Warga yang melakukan evakuasi baru bisa menemukan kedua jenazah selang 30 menit pasca kejadian.

Mayat bapak dan anak itu kemudian dikebumikan Sabtu pagi di pemakaman setempat. Hingga Sabtu siang, timbunan tanah di lokasi kejadian belum dibersihkan.

Selain menimbun rumah korban, material longsoran juga menutup permukaan jalan desa sehingga sulit untuk dilalui kendaraan.

"Besok (Minggu) direncanakan akan ada kerja bakti," kata staf Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Banjarnegara, Andri Sulistyo yang turut menyertai kunjungan bupati, wakil bupati, dan anggota DPRD Banjarnegara ke lokasi.

Andri yang juga staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara mengatakan, pada saat bersamaan terjadi longsor dengan skala kecil di empat titik di Kecamatan Pagedongan.

Lokasi longsor merupakan desa-desa yang berada di pegunungan antara lain Desa Twelagiri, Gunung Jati, Pesangkalan, dan Kebutuh Jurang.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar