Klaten Kirim 350 TKI untuk Mengurangi Pengangguran

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/TKI-tiba-di-Bandara-Adi-Soemarmo-Solo.jpg

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN – Pengiriman tenaga kerja keluar pulau Jawa maupun keluar negeri menjadi salah satu cara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mengurangi pengangguran.

Dari awal tahun ini hingga November, Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan
Transmigrasi (Dinsosnakertrans) sudah mengirimkan sekitar 350 tenaga
kerja ke luar negeri.

“Sebanyak 90% dari sekitar 350 TKI memilih Malaysia sebagai tempat bekerja. Faktor biaya dan dekatnya jarak mungkin menjadi pertimbangan para TKI lebih memilih Malaysia. Sisanya memilih Singapura, Thailand, Korea, dan Jepang,” tutur Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Klaten, Rinto Patmono, Klaten, Sabtu (5/11/2011).

Saat ini, jumlah penganguran di Kabupaten Klaten mencapai 25.877 jiwa. Angka tersebut diungkapkan Badan Pusat Statitik (BPS) Klaten.

Data itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan 2010, namun dibukukan BPS Klaten pada 2011. Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai angka 39.271 jiwa.

“Selama ini, kami sudah berupaya mengurangi angka pengangguran di Klaten dengan berbagai cara. Beberapa cara di antaranya adalah pengiriman tenaga kerja,” ucap Rinto.

350 TKI yang dikirim tersebut bekerja di sektor formal baik di pabrik, pekerja proyek, atau kantoran. “Kekerasan terhadap TKI rata-rata terjadi di sektor informal. Sebagai langkah antisipatif, kami hanya mengirimkan TKI untuk bekerja di sektor formal,” jelasnya.

Sementara itu, jumlah pekerja usia produktif atau penduduk usia di atas 18 tahun di Kabupaten Klaten mencapai 548.672 jiwa. Maka, jumlah tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Klaten mencapai 4,50 jiwa, jika dibandingkan dengan jumlah pengangguran.

“TPT sebanyak 4,50 itu bisa dikatakan dari 100 orang angkatan kerja, terdapat 4-5 orang usia 18 tahun ke atas yang menganggur,” terang Kasi Statistik Sosial BPS Klaten, Efiyanti Puspitor ini saat ditemui wartawan di kantornya, Klaten, Jumat (4/11/2011).

Penurunan jumlah pengangguran sejak dua tahun sebelumnya. Jumlah
pengangguran di Klaten dua tahun lalu mencapai angkat 44.454 jiwa.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar