Warga Kemalang Terancam Lahar Dingin

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Aliran-lahar-dingin-Gunung-Merapi.jpg

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN - Sekitar 17.000 warga yang tinggal di bantaran Kali Woro, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah terancam bencana banjir lahar dingin, menyusul hujan deras yang turun terus menerus belakangan ini. Hal itu diungkapkan Camat Kemalang, Suradi, saat berada di kantor Pemeritah Kabupaten Klaten, Kamis (10/11/2011).

Jumlah tersebut merupakan warga yang berada di tujuh desa, dari total 13 desa yang ada di Kecamatan Kemalang. Ketujuh desa tersebut adalah Desa Tegalmulyo, Sidorejo, Balerante, Kendalsari, Talun, Panggang dan Keputran.

Mengenai antisipasi lahar dingin, Suradi mengimbau semua kepala desa dan perangkatnya, terutama bagi desa-desa yang terletak di tepi Kali Woro, untuk waspada. Kades juga diminta mendata warga yang tinggal di dekat Kali Woro.

"Semua alat komunikasi saya minta untuk disiapkan, mulai dari handphone, HT, sirine sampai kentongan. Jadi sewaktu-waktu ada banjir besar, warga bisa segera diungsikan ke tempat yang aman," kata Suradi.

Jalur evakuasi di kawasan sisi timur melalui Desa Tegalmulyo, Tlogowatu, Tangkil dan kawasan Kecamatan Karangnongko. Sedangkan jalur tengah melewati Desa Sidorejo, Bumiharjo, Dompol, Kemalang dan Keputran. Untuk jalur barat meliputi Desa Balerante, Panggang, Talun dan Bawukan. (*)


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar