Gaya Hidup Mewah Penyebab Suburnya Perilaku Korupsi

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/11/16/10/nasirjamil-pks.jpg
detikcom Jakarta - Wakil Ketua Komisi III DPR Nasir Jamil menilai gaya hidup mewah menjadi salah satu penyebab suburnya perilaku korupsi. Ia pun memilih menerapkan pola hidup sederhana, tak berlebihan namun tak juga pura-pura miskin.

"Gaya hidup mewah adalah salah satu penyebab suburnya perilaku korupsi. Keinginan untuk mempunyai mobil, rumah, dan barang-barang mewah cenderung membuat orang menghalalkan segala cara," tutur Nasir.

Hal ini disampaikan Nasir kepada detikcom, Rabu (16/11/2011).

Bagi pengusaha tentu mudah saja gonta-ganti mobil mewah. Namun bagi pejabat publik tentu tak mudah mengumpulkan uang dalam jumlah besar hanya untuk berfoya-foya.

"Kalau pengusaha mungkin kita paham, tapi kalau pejabat negara yang gajinya telah diatur dan diketahui opleh publik, maka ini sulit dipahami,"ungkap Nasir.

Ia sendiri mengaku biasa memakai mobil keluaran tahun 1999 untuk kegiatan sehari-harinya ke DPR. Baginya tak penting mobil mewah, asal nyaman membantu mobilitas selama bekerja.

"Saya naik mobil Mercy tahun 1999 yang saya beli dengan harga Rp 200 juta setelah saya menjual Kijang Innova. Mobil eropa lebih aman," papar Nasir.

Hidup sederhana memang sudah lama dijalankan Nasir yang baru menduduki kursi empuk pimpinan Komisi III DPR. "Sederhana itu artinya tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan,"tandasnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar