Kulit Pisang Bisa Jadi Minuman

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Olahan-pisang.jpg
TRIBUNNEWS.COM, SLEMAN - Puluhan makanan olahan dari bahan dasar pisang dilombakan pada peringatan hari pangan ke-31 yang dipusatkan di kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kabupaten Sleman, Rabu (19/10/2011).

Makanan tersebut antara lain, keripik bonggol pisang, gudeg ceker jantung pisang, nuget pisang, tulip pisang, bolu batik pisang, panggang bongpi, dendeng jantung pisang, minuman kulit pisang, perkedel bonggol pisang serta lumpia batang pisang.

Sri Wahyuningsih, seorang peserta perwakilan Kecamatan Ngaglik tak mau kalah. Dalam perlombaan tersebut, ia menyajikan enam varian makanan. "Yang paling sulit membuat buntil bonggol pisang, soalnya kan isi dan kemasannya juga harus layak konsumsi," ujarnya.

Untuk membuatnya, Sri menggunakan bonggol pisang batu yang tak laku dijual. Berbeda dengan jenis pisang lainnya yang memiliki nilai ekonomis. Dengan demikian, dalam pembuatan menu tersebut, ia juga mengusung maksud untuk mengangkat bahan baku yang sebelumnya tidak laku, untuk kemudian menjadi makanan yang memiliki nilai jual.

Dalam gelaran tersebut, tak hanya melombakan bahan olahan pisang, namun juga makanan olahan dari daging kelinci, kue kering, produk hasil pertanian dan buah-buahan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar