Hydroxyapatite Hilangkan Rasa Ngilu Gigi

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei yang dilakukan Pepsodent bekerja sama dengan Synovate dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran pada tahun 2009 menemukan bahwa 65 persen orang Indonesia mempunyai gigi sensitif.

Sebanyak 50 persen dari mereka itu tidak berbuat apapun untuk mengobatinya,19 persen berinisiatif pergi ke dokter gigi, dan hanya 2,4 persen berupaya menanggulangi dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Fenomena ini tentu memprihatinkan, mengingat permasalahan gigi sensitif ini ternyata banyak ditemukan di usia produktif -- khususnya wanita, sehingga mengganggu kualitas hidup mereka.

Fenomena di atas sebetulnya terjadi juga di negara lain sehingga mendorong para peneliti Unilever Global menciptakan terobosan teknologi, yaitu penggunaan hydroxyapatite sebagai bagian dari kandungan pasta gigi yang dapat mengatasi masalah gigi sensitif secara jangka panjang.

Fred Schäfer, yang juga merupakan anggota International Association for Dental Research (IADR), dalam pemaparannya menyebutkan, Hydroxyapatite (HAP) adalah bahan mineral utama bagi pembentukan email gigi yang merupakan lapisan terkeras dari gigi.

"Penambahan hydroxyapatite dalam kandungan pasta gigi adalah terobosan teknologi mutakhir yang dapat mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif dalam waktu 30 detik, karena kemampuannya untuk masuk ke dalam akar gigi sehingga melindungi jaringan syaraf inti pada gigi dari rangsangan panas atau dingin,” ungkap Schäfer saat simposium bertema “Hydroxyapatite: A Breakthrough Technology for Challenging Dentine Hypersensitivity”, di Hotel Mulia Senayan, Jakarta belum lama ini.

Penelitian intensif mengenai penggunaan hydroxyapetite dalam kandungan pasta gigi ini telah dilakukan selama lebih dari tiga tahun di Pusat Riset Unilever. Fred menambahkan, penelitian in-vitro quanti test menggunakan
Scanning Electron Chemical Microscope (SECM) yang dilakukan oleh University of Warwick (Inggris), memperlihatkan bahwa hydroxyapatite mampu mengurangi 30% aliran sensasi sensitif kedalam
tubulus (saluran-saluran kecil pada dentin gigi).

Dari penelitian tersebut juga terbukti bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung hydroxyapatite menunjukkan pengurangan sensitifitas gusi yang cukup signifikan. Semua fakta tersebut semakin menggambarkan pentingnya hydroxyapatite sebagai terobosan teknologi yang dapat menjadi solusi menyeluruh bagi penderita gigi sensitif.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar