Gusi Mudah Berdarah? Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Sikat-gigi.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gusi yang sehat berwarna merah muda dan keras. Jika gusi terlihat meradang, lunak, berwarna merah tua dan mudah berdarah, ada kemungkinan Anda menderita gingivitis. Gingivitis merupakan perangsangan gingiva, yaitu bagian gusi di sekitar akar gigi.

Penyebab gingivitis adalah plak, yaitu lapisan bakteri yang tidak berwarna dan lengket pada gigi. Saat menjadi keras, plak berubah menjadi tartar berwarna putih yang lema kelamaan akan menjadi hitam. Pembentukan plak dan tartar dapat menyebabkan iritasi pada gingiva sehingga gusi meradang dan mudah berdarah.

Biasanya orang baru menyadari ada sesuatu dengan gusinya ketika menyikat gigi dan sikat jadi berwarna merah muda setelah dipakai atau terdapat darah saat berkumur. Ini merupakan pertanda perdarahan sekalipun Anda menyikat gigi secara lembut.

Kendati demikian, gusi berdarah sering diakibatkan oleh proses penyikatan gigi yang terlalu keras. "Menyikat gigi dengan keras bukan membuat gigi kita bersih, melainkan membuat gusi kita berdarah," kata drg. Hari Sunarto, Sp. Perio.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar