Kata yang Justru Buat Wanita Kian Depresi Kala Patah Hati

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Perempuan-Stress.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perempuan pada umumnya lebih banyak menderita depresi, jenis yang termasuk dalam kategori penyakit jiwa. Penyebab depresi banyak, satu di antaranya adalah patah hati. Patah hati merupakan hal manusiawi, asal jangan sampai depresi.

Anggota Komisi IX DPR RI yang juga spesialis kesehatan jiwa, Nova Riyanti Yusuf, mengatakan berdasarkan penelitian perempuan lebih banyak menderita depresi. Awalnya orang mengira hal tersebut masih sebatas hormonal, namun ternyata sudah masuk dalam kategori depresi.

"Misalnya perempuan sedang patah hati. Itu normal. Asal jangan sampai dua minggu begitu terus. Nanti tahu-tahu minum baygon, itu sudah depresi," ujar Nova, Minggu (9/10/2011) saat jumpa pers peluncuran bukunya yang berjudul "Atas Nama Jiwa".

Dikatakannya, perempuan yang patah hati umumnya ingin agar curhatnya didengarkan orang terdekat, misalnya dengan mengatakan "gue ngerti perasaan lo". Namun yang kebanyakan terjadi, ujar Nova, kata-kata yang dilontarkan justru membuat perempuan itu bertambah depresi.

"Misalnya temannya justru bilang, "basi banget cowok lo, udah jelek mutusin lagi,". Temannya ini nggak paham perasaan perempuan itu sama pacarnya. Bukannya membangkitkan semangat, justru membuat depresi," ucapnya.

Nova menambahkan, yang kebanyakan berkonsultasi biasanya yang menyangkut hubungan interpersonal. Hubungan dengan pacar adalah satu di antaranya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar