Presiden Myanmar Sambut Upaya Jusuf Kalla Selesaikan Konflik Rohingya

Bookmark and Share
http://images.detik.com/customthumb/2012/08/10/10/jkdalam.jpg?w=460
Jakarta Pemerintah Myanmar mengapresiasi upaya Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla dalam membantu menyelesaikan konflik Rohingya. Presiden Myanmar, U Thein Sein, memberi izin kepada Kalla untuk melihat langsung kondisi yang terjadi di Provinsi Rakhine.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Presiden Myanmar beserta jajarannya dengan Jusuf Kalla di Istana Kepresidenan Myanmar di Nay Pyi Taw, Jumat (10/8).

Dalam rombongan itu, hadir juga Hamid Awaluddin, Dubes RI untuk Myanmar S Sumarsono, dan Asisten Sekjen OKI Atta Abdul Mannan, serta Presiden Bulan Sabit Merah Qatar Mohamed Ghanim Al-Maadheed.

Pemerintah Myanmar sendiri menyayangkan adanya pemberitaan terjadinya konflik etnis yang berujung pada konflik agama. Menurut mereka, pertikaian terjadi akibat aksi kriminal di dalam masyarakat yang berujung pada konflik komunal.

"Karena itu kita mengingatkan kepada pemerintah Myanmar untuk segera menyelesaikan konflik komunal ini sebelum mengarah ke konflik agama," kata Jusuf Kalla usai pertemuan itu seperti dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (10/8/2012).

Menurut Kalla, simpang siur pemberitaan konflik ini terjadi akibat adanya anggapan pemerintah Myanmar yang belum terbuka. Masyarakat internasional kemudian menjadi salah tafsir atas apa yang terjadi di provinsi tersebut.

"Karena itu, Presiden Myanmar meminta kita untuk melihat langsung apa yang terjadi di sana. Rencananya besok (Sabtu, 11/08) kita akan pergi ke Sitwee salah satu kota di Rakhine. Dan kita merupakan salah satu rombongan pertama yang diperbolehkan masuk ke sana," ujarnya.
sumber : /news.detik.com/read/2012/08/10/202757/1988816/10/presiden-myanmar-sambut-upaya-jusuf-kalla-selesaikan-konflik-rohingya?9911012

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar