Nazar Tree, Pohon Penangkal Mata Setan dari Turki

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/08/09/1383/131236_nazartree1.jpg
Cappadocia - Mata Setan, sebagian manusia khususnya yang tinggal di daerah Timur Tengah masih mempercayai keberadaannya. Uniknya, di Turki ada sebuah pohon yang dipenuhi dengan jimat-jimat penangkal mata setan.

Jimat pada umumnya menjadi sesuatu yang mengerikan dan memiliki bentuk yang aneh. Tetapi kristal cantik berwarna biru yang memilik satu mata di tengahnya ini menjadi jimat penangkal mata setan khas Turki.

Mengintip The Times of India, Kamis (9/8/2012), salah satu negara yang masih sangat percaya dengan mitos the evil eye atau mata setan ini adalah Turki. Negara Timur Tengah ini pun memiliki jimat yang khas, berupa lempengan kristal berwarna biru dengan mata di tengahnya. Selain di pegang, jimat ini juga diletakkan pada salah satu pohon yang dikenal Nazar Tree.

Saat berkunjung ke daerah Cappadocia, Provinsi Nevsehir, Turki, wisatawan akan takjub melihat pohon jimat ini. Bahkan ada juga pelancong yang turut meletakkan nazar mereka di pohon tersebut.

Tidak ada daun atau bunga yang menghiasi pohon ini, yang ada hanya kristal biru berbentuk oval dengan satu mata di tengahnya. Puluhan jimat atau nazar menggantung di setiap ranting dan batang pohon ini. Bukan sesuatu yang menyeramkan seperti jimat-jimat pada umumnya. Justru pohon ini terlihat sangat unik dan cantik.

Masyarakat sekitar percaya semakin banyak jimat yang menggantung di pohon tersebut, nasib buruk akan terus menjauh dari daerah mereka. Setiap energi jahat dari mata setan ini pun akan terserap ke dalam jimat-jimat tersebut. Oleh sebab itu, setiap harinya masyarakat sekitar selalu berdoa di bawah pohon jimat ini.

Uniknya, jimat-jimat ini juga dibentuk menjadi perhiasan yang cantik. Banyak masyarakat yang menjual nazar dalam bentuk gelang, kalung, sampai cincin. Mereka pun tidak sungkan untuk menawarkan barang-barang tersebut kepada wisatawan yang datang.

"Untuk perlindungan diri Anda!" Itulah kalimat andalan para penjual nazar. Bentuknya yang cantik dan unik inilah membuat wisatawan tergiur untuk memilikinya. Sampai-sampai ada yang membeli lebih banyak sebagai oleh-oleh.

Selain menikmati keunikan pohon jimat, wisatawan juga melihat kawasan Cappadocia yang tandus. Ya, hampir tidak ada pohon di sini kecuali pohon jimat dan pohon-pohon yang sudah kering.
sumber : /travel.detik.com/read/2012/08/09/131044/1987174/1383/nazar-tree-pohon-penangkal-mata-setan-dari-turki?v771108bcj

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar