Monitoring Pengendalian Wereng Batang Coklat

Bookmark and Share
Karawang,4/8/2011. Wereng batang coklat (WBC) masih menjadi ancaman pada musim tanam 2011 saat ini, walaupun masih sporadis namun tetap harus diwaspadai penyebarannya, WBC masih menyerang varietas yang rentan seperti pandanwangi. Hasil surveylance pada tanggal 26-27 Juli 2011 yang dilakukan oleh Team Survey BBPOPT menunjukkan bahwa varietas pandanwangi rata-rata terserang WBC terutama di wilayah desa Jatibaru, kecamatan Jatisari, Karawang. Walaupun penyebaran serangannya masih bersifat sporadis namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Populasi 40-50 ekor/rumpun pada varietas rentan merupakan sebuah ancaman bagi daerah lain terutama yang tanaman padi yang berumur muda.
Maka untuk mengantisipasi meluasnya serangan WBC, dilakukan antisipasi dengan cara pengendalian. Pengendalian dilakukan dengan beberapa cara, baik pengendalian secara alami dengan menggunakan biopestisida (pestisida nabati) maupun dengan kimiawi tergantung situasi masing-masing daerah dan kesiapan kelompok tani dalam pengadaan bahan pengendali OPT. Untuk populasi yang diatas ambang pengendalian maka alternatif terakhir adalah aplikasi pestisida yang diijinkan (sesuai anjuran dari Pemerintah).
Gerakan pengendalian kali ini dipusatkan di desa Jatibaru, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang. Untuk memudahkan teknik aplikasi maka dibagi menjadi 3 titik pengendalian berdasarkan blok atau kampung sehingga memudahkan aplikasi bagi petani. Masing-masing blok luas pengendaliannya kurang lebih seluas 15 hektar dengan dipandu oleh petugas dari BBPOPT bekerja sama dengan Mantri Tani dan PPL setempat.
(Bersambung).....

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar