Hilangnya Nafsu Makan Bisa Menandakan Proses Penuaan

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/08/30/763/nduts-ts-dalam.jpg
Jakarta, Di setiap perayaan lebaran, menu makanan selalu beragam dan semuanya pasti membangkitkan selera. Jika merasa sehat tetapi tidak berselera melihat makanan enak, hati-hati karena gejala ini bisa juga menandakan dimulainya proses penuaan.

Menurut penelitian terbaru di Yale School of Medicine, hilangnya nafsu makan bisa dipicu oleh aktivitas senyawa radikal bebas. Senyawa yang dikenal juga sebagai pemicu kanker ini berasal dari pengotor-pengotor di dalam tubuh yang bisa mempercepat kerusakan sel.

Proses penuaan terjadi karena sel-sel mengalami kerusakan, sehingga beberapa organ mengalami penurunan fungsi dan kinerja. Bukan hanya di dalam tubuh, dampak kerusakan sel juga bisa teramati di permukaan misalnya ketika mulai dihiasi keriput dan tampak kusam.

Kerusan sel dan beberapa organ juga berhubungan dengan berbagai jenis penyakit kronis, misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi. Karena fungsi organ mengalami gangguan, sistem metabolisme tubuh terganggu sehingga rentan terhadap penyakit-penyakit khas pada orang tua.

Dalam kaitannya dengan nafsu makan, para peneliti baru-baru ini mengungkap bahwa peningkatan radikal bebas menyebabkan perubahan pada bagian otak yang mengatur nafsu makan. Saraf pemicu rasa kenyang yang disebut melanocortin mengalami peningkatan aktivitas sehingga tidak nafsu makan.

Melanocortin yang letaknya ada di hipotalamus otak tersebut mengatur pelepasan senyawa leptin dan glukosa. Keduanya dibutuhkan untuk mengatur kapan tubuh harus merasa lapar dan kapan saatnya merasa kenyang, sehingga terhindar dari pola makan berlebihan (overeating).

"Di satu sisi, berkurangnya nafsu makan akibat peningkatan radikal bebas bisa mencegah kegemukan. Namun di sisi lain, senyawa ini memicu kerusakan sel jika mengotori tubuh terus-menerus," ungkap Prof Sabrina Diano yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (30/8/2011).

Untungnya proses penuaan yang dipicu oleh radikan bebas bisa ditangkal dengan senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Vitamin-vitamin dan senyawa fitokimia di dalamnya merupakan antioksidan yang bisa menangkal kanker dan memperlambat proses penuaan
sumber : detikhealth.com/read/2011/08/30/102759/1713453/763/hilangnya-nafsu-makan-bisa-menandakan-proses-penuaan?l991101755

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar