Ponsel Biasa Paling Banyak Kuman Dibanding Tablet & Ponsel Layar Sentuh

Bookmark and Share

http://images.detik.com/content/2013/04/14/763/140319_ponselcovermp.jpgJakarta, Ponsel layar sentuh dan tablet cenderung dianggap mengandung banyak kuman karena berinteraksi langsung dengan tangan kosong ataupun udara bebas. Tapi sebuah studi baru dari Inggris mengemukakan bahwa ponsel biasa atau ponsel yang dilengkapi dengan keypad ternyata jauh lebih terkontaminasi kuman daripada tablet dan ponsel dengan layar sentuh (touchscreens).

Peneliti dari University College London menemukan 24 persen ponsel yang dilengkapi tombol atau keypad dipastikan positif sarat akan bakteri yang dapat menyebabkan ruam pada kulit, gangguan pernafasan hingga keracunan makanan.

Bahkan pada alat komunikasi yang menggunakan teknologi layar sentuh tingkat kontaminanya justru menurun menjadi sebanyak tiga persen saja.

"Tak seperti ponsel layar sentuh, ponsel dengan tombol-tombol atau keypad memiliki permukaan yang tak rata sehingga bakteri-bakteri mudah bersembunyi di sela-selanya sekaligus membuatnya lebih sulit dibersihkan," terang peneliti Pallavi Pal, MD, seperti dilansir menshealth, Minggu (14/4/2013).

"Tak hanya ponsel, laptop dan mp3 yang dilengkapi tombol-tombol tertentu juga cenderung mengandung lebih banyak kuman dibandingkan dengan perangkat serupa yang menggunakan teknologi layar sentuh," tambahnya.

Namun kendati ponsel atau tablet dengan layar sentuh tak banyak dihinggapi kuman, Dr. Pal menyarankan agar ponsel atau tablet yang menggunakan teknologi layar sentuh tetap rajin dibersihkan. "Di antaranya menyeka layar ponsel dengan tisu atau pembersih disinfektan sedikitnya satu kali dalam seminggu," sarannya.

Selain itu, para pakar meminta agar setiap orang memastikan tidak menyemprotkan cairan apapun langsung ke permukaan ponsel (apapun jenisnya) karena hal itu dapat merusak pengeras suara, earphone atau komponen lain dari ponsel.
sumber : .detik.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar