Samsung Wave 3, Kinerja Baik Berdesain Cantik

Bookmark and Share
Kembali Samsung menghadirkan salah satu masterpiece-nya di jajaran smartphone. Kali ini, vendor Korea Selatan itu menghadirkan seri Wave terbaru yang dibalut platform buatannya, bernama Bada. Seri Wave sendiri memang ditujukan secara khusus oleh Samsung untuk Bada. Hal ini untuk membedakan perangkat Samsung lainnya yang berbasiskan OS non-Bada. Samsung Wave 3 merupakan salah satu dari ketiga handset berbasiskan Bada 2.0 yang baru saja dirilis Samsung. Penasaran? Mari kita intip fitur dan spesifikasi yang melengkapi Samsung Wave 3 ini.

Samsung Wave 3 (S8600) merupakan generasi terbaru dari seri Wave. Perangkat ponsel cerdas ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Bada versi terbaru, 2.0. Meski dilengkapi dengan Bada, tampilan depan (home interface) perangkat ini tidak berbeda jauh dengan perangkat Samsung lainnya yang berbasiskan Android, terutama seri Galaxy S. Hal ini kemungkinan besar perangkat lunak manajemen antarmuka yang digunakan sama, TouchWiz.

Dari sisi desain, Samsung Wave 3 hadir dengan desain candybar yang kompak dan sangat menarik. Perangkat ini memiliki ketebalan yang cukup masuk akal dan salah satu yang tertipis, 9.9mm dengan bobot sekitar 122g, plus keberadaan 'curves' di tiap sisi, membuat perangkat ini terasa nyaman sewaktu digenggam tangan maupun pada saat ditaruh dikantong. 
Samsung Wave 3
Ukuran Samsung Wave 3 memang cukup besar, kemungkinan besar ini untuk menampung layar sentuhnya yang berukuran cukup lebar, 4 inci. Yang menarik, layar sentuh kapasitifnya ini dilengkapi dengan teknolog Super AMOLED, sehingga bisa dipastikan hasil tampilannya akan memuaskan para penggunanya. Sementara untuk resolusi, Wave 3 menghasilkan 480x800 piksel.

Untuk kamera, Samsung membekali Wave 3 ini dengan kamera ganda, belakang dan depan. Kamera utama terdapat di bagian belakang berkapasitas 5MP. Kamera utamanya ini dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti auto focus, LED flash, face detection, dan mendukung perekaman video 720p@30fps. Kamera ini sudah terbilang cukup untuk kegiatan multimedia Anda. Selain itu, keberadaan fitur LED flash akan memberikan dukungan yang cukup baik pada saat situasi dan kondisi kurang cahaya. Sementara dibagian depan, tersedia kamera tambahan berjenis VGA yang bisa digunakan untuk video calls.

Dibagian jeroannya, perangkat berbasiskan Bada ini diperkuat dengan prosesor berkekuatan 1.5GHz yang didukung kapasitas penyimpanan sebesar 4GB. Kapasitas penyimpanan ini bisa diperkuat, karena Samsung menyertakan slot microSD yang mampu menampung memori penyimpanan hingga 32GB. Keberadaan prosesor berkecepatan tinggi ini, tentunya sangat membantu dalam berbagai kegiatan smartphone terkni, termasuk multimedia, multitasking, bermain games, dan masih banyak lagi.

Yang cukup menarik adalah perubahan Bada 2.0 dibandingkan dengan sebelumnya, dimana terdapat sebuah fasilitas yang disebut dengan Live Panel, dimana pengguna bisa menempatkan widgets dalam bentuk scrollable list. Selain itu, berbagai fitur dan fasilitas di platform terbaru Samsung ini juga mendapatkan update dan perbaikan, terutama dalam hal tampilan secara visual. Salah satu tambahan fitur adalah voice recognition.

Samsung Wave 3 ini berjalan diatas platform GSM dengan dukungan yang cukup lengkap dalam hal koneksi lokal, seperti Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth, A-GPS, microUSB, dan jaringan berkecepatan tinggi (HSPA) yang diklaim mampu mendownload dengan kecepatan 14.4Mbps (HSDPA) dan upload 5.76Mbps (HSUPA), serta fitur DLNA. Fitur GPS Samsung juga didukung oleh sistem satelit Rusia bernama Glonass. Namun, Wave 3 ini tidak mendukung Adobe Flash. Tersedia pula port standar audiojack 3.5mm yang didukung fitur bernama DNSe (Digital Natural Sound Engine), yang mampu menghasilkan suara cukup jernih dan terang.

Selain koneksi yang cukup lengkap, Wave 3 juga didukung beberapa aplikasi dan fitur yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan ber-ponsel ria terkini. Salah satu aplikasi yang bisa ditemukan adalah Dolphin 3.0. Ini adalah browser bawaan dari platform Bada 2.0 yang kini memiliki user interface (UI) yang lebih baik dan fasilitas download manager terbaru. Disini juga pengguna akan menemukan beberapa aplikasi, semacam Samsung ChatON, image viewer, document viewer, digital compass, aplikasi multimedia, dan masih banyak lagi.

Baterai berkapasitas 1500mAh siap mendukung kinerja smartphone Samsung ini. Menurut produsennya, baterai ini bisa bertahan hingga 8 jam lebih pada mode talktime, dan mampu bertahan hingga lebih dari 500 jam pada mode standby. 

Secara umum, Samsung Wave 3 merupakan smartphone yang cukup menarik. Kinerjanya cepat, rersponsif terhadap sentuhan, ditambah lagi dengan desainnya yang eye-catching. Hasil dari tampilan layarnya juga jernih dan tajam, karena didukung oleh teknologi Super Amoled. Selain itu, Bada memiliki tampilan dan user inteface yang cukup friendly, sehingga mudah dalam penggunannya.

Namun, yang sangat disayangkan, perangkat ini tidak mendukung Adobe Flash, yang pastinya akan memberikan pengaruh yang cukup besar, terutama pada saat pengguna menonton video di internet yang mengharuskan penggunaan flash. Selain itu, Bada juga tidak terlalu didukung oleh aplikasi-aplikasi pihak ketiga, sehingga pengguna Wave 3 tidak memiliki pilihan yang cukup banyak.

Spesifikasi Samsung Wave 3:

  • Jaringan: GSM 850/900/1800/1900, HSDPA 900/2100; 
  • Dimensi: 125.9 x 64.2 x 9.9 mm;
  • Bobot: 122 gram;
  • Layar: 4 inci (480 x 800 piksel) Super AMOLED Capacitive Touchscreen + Gorilla Glass display, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Multi-touch input method, Proximity sensor for auto turn-off, Handwriting recognition, Smart unlock;
  • Prosesor: Single-core 1.4GHz;
  • OS: Bada OS 2.0 + TouchWiz UI v4.0;
  • Kamera Utama (Belakang): 5MP (2592x1944 piksel), Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, Face, Smile & Blink Detection, image stablilization, touch focus, Video Recording 720p@30fps, Video light;
  • Kamera Tambahan (Depan): VGA (video call);
  • Memori: 4GB (Internal), slot microSD (up to 32GB);
  • Konektivitas: GPRS, EDGE, WiFI, DLNA, Bluetooth 3.0, WiFi Direct, port microUSB v2.0, HSDPA 14.4Mbps, HSUPA 5.76Mbps, dan Audiojack 3.5mm with DNSe (Digital Natural Sound Engine);
  • Fitur Lain: A-GPS, Digital compass, Multimedia Player App, Organizer, Image/video editor, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Music recognition, voice recognition, Calendar, Voice memo/dial/commands, Predictive text input, jack audio 3.5 mm, Browser Dolphin 3.0, Radio FM with RDS, Swype text input, Samsung Social Hub, Samsung ChatON;
  • Baterai: Li-Ion 1500mAh. 
Sumber : cybertech.cbn.net.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar