Mandi Air Hangat di Pagi Hari Bisa Bikin Sakit Kepala

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/07/21/766/shower-ts-dlm.jpg
Jakarta, Bila Anda sering menderita sakit kepala jangan langsung sembarangan minum obat penghilang nyeri, tapi temukan penyebabnya. Ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari dapat memicu sakit kepala, salah satunya mandi air hangat di pagi hari.

Mandi air hangat di pagi yang dingin mungkin bisa membuat orang lebih nyaman, tapi pada beberapa orang kebiasaan ini benar-benar bisa menyebabkan sakit kepala.

Diperkirakan perubahan suhu dari dinginnya pagi dan air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air, seperti dilansir Dailymail, Kamis (21/7/2011).

Rasa sakit kepala karena mandi air hangat di pagi ini biasanya tidak berlangsung lama, tidak lebih dari lima menit.

"Dingin ekstrem seperti berenang di air dingin atau makan es krim juga dapat memicu rasa sakit," ujar Dr Michael Gross, ahli saraf dan direktur klinis di Clementine Churchill Hospital, Middlesex.

Selain sering mandi air hangat di pagi hari, ada beberapa kebiasaan lain yang dapat memicu sakit kepala, yaitu:

1. Pergi ke salon
Penyebab sakit kepala yang tak terduga adalah penata rambut atau tukang cukur. Ketika penata rambut membasuh rambut di wastafel bisa menyebabkan leher menjadi canggung, merangsang salah satu saraf yang mengaktifkan jalur trigemino-cervical.

2. Menyangga telepon dengan bahu
"Penyebab lain sakit kepala termasuk memeluk telepon antara bahu dan telinga dan duduk di kursi tanpa dukungan punggung bawah," jelas Dr Gross.

3. Batuk
Ada jenis sakit kepala yang disebut dengan 'sakit kepala batuk'. Hal ini dipicu oleh batuk dan jenis ketegangan lainnya, seperti bersin, ingus atau membungkuk.

Sekitar 1 persen dari sakit kepala disebabkan oleh batuk, dengan pria lebih rentan mengalaminya. Hal ini terjadi karena ada tekanan di otak yang menyebabkan rasa sakit tajam, menusuk yang biasanya berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit, paling menonjol di belakang kepala.

4. Kebanyakan makan daging ham dan makanan yang diawetkan
Ham biasanya mengandung tiramin serta pengawet (nitrat atau nitrit) yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang memicu sakit kepala. Menariknya, sakit kepala yang disebabkan oleh aditif makanan biasanya terasa di kedua sisi kepala (kontras dengan migrain klasik yang menyerang satu sisi kepala).

Tiramin merupakan bentuk dari pemecahan protein yang sebagian besar ditemukan dalam makanan yang telah diawetkan (acar atau diasapi, diasinkan atau difermentasi).

Makanan lain yang tinggi dalam aditif tiramin atau makanan termasuk keju, coklat, daging olahan seperti salami dan buah-buahan tertentu seperti nanas dan pisa
sumber : detikhealth.com/read/2011/07/21/070259/1685728/766/mandi-air-hangat-di-pagi-hari-bisa-bikin-sakit-kepala?lbbank

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar