Turun ke Sawah....!!!

Bookmark and Share
Sesekali turun kebawah melihat secara langsung permasalahan yang dihadapi para petani di pedesaan sungguh sangat mengasyikan, selain menampung uneg-uneg para petani terkadang menerima juga umpatan dan caci maki apabila mereka gagal panen. Sakit kah..???
Tentu tidak karena saya mengetahui betul permasalahan yang dihadapi dilapang, kita harus menyelami dengan bahasa petani yang mudah dimengerti. Wajar petani marah karena gagal panen karena serangan OPT (baca: hama - penyakit).
Tetapi sering juga kita mendapat pujian kalau hasil panennya memuaskan, yang terpenting adalah kita mendampingi petani disaat suka dan duka, manakala dibutuhkan kita siap sedia memberikan saran dan jadikan mereka partner kerja. Sesungguhnya kita yang harus melayani mereka bukan sebaliknya kita minta dilayani, sebagai abdi masyarakat, memposisikan diri kita sebagai soulmate petani. Disaat terpaan hama-penyakit terjadi karena dampak fenomena iklim, membuat permasalahan semakin kompleks di lapang. Selain dibutuhkan pendampingan juga memberikan solusi yang cerdas bagi petani, tentu dengan bahasa petani agar kita bisa diterima dilingkungan mereka.
Dalam kondisi apapun jikalau petugas sering turun kebawah melakukan monitoring ataupun surveilance para petani merasa senang karena diperhatikan. Jangan sekali-kali mengecewakan mereka.
.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar