Juara Asia Siap Kejutkan Barcelona

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Gol-Xavi-ke-gawang-Granada.jpg

TRIBUNNEWS.COM - JUARA Liga Champions Asia 2011, Al Sadd, sukses melewati hadangan juara Afrika asal Tunisia, Esperance, di babak perempatfinal Piala Dunia Antarklub 2011. Kini Al Sadd bersiap menghadapi tim terbaik dunia, Barcelona, di babak semifinal.

Pelatih Al Sadd, Jorge Fossati, menyatakan tim besutannya sudah siap menghadapi Lionel Messi dkk pada Kamis (15/12), di Stadion Toyota, Yokohama, Jepang. Fossati mengakui materi pemainnya kalah kelas dibandingkan Barcelona. Namun, hal tersebut tidak membuat klub asal Qatar ini gentar.

"Barcelona merupakan tim terbaik di dunia, tapi segala sesuatunya bisa terjadi di sepakbola. Jika kami tetap berpijak ke bumi dan menjaga spirit, segala sesuatunya bisa terjadi," ujar pelatih asal Uruguay itu.

Semifinal lainnya juga menghadirkan wakil Asia. Juara Liga Jepang, Kashiwa Reysol, akan menantang juara Copa Libertadores asal Brasil, Santos, Rabu (14/12). Kashiwa melaju ke semifinal usai menyingkirkan wakil CONCACAF, Monterrey.

Namun dua wakil Asia ini sama sekali tak difavoritkan untuk mampu melewati dua lawan-lawan beratnya di semifinal. Barca dan Santos, yang sama-sama memulai turnamen dari babak semifinal, merupakan unggulan utama untuk bertemu di babak final.

Pelatih Santos, Muricy Ramalho, pun sudah menatap laga melawan Barca di partai puncak, Minggu (18/12). Meski mengakui kemampuan Barca dalam hal penguasaan bola, ia yakin timnya punya peluang menang dan menjadi juara.

"Saya tahu, saya tak akan menjadi makhluk yang mengurangi penguasaan bola Barcelona. Jika kami bertemu, penguasaan bola mereka akan mencapai 65 atau 70 persen. Kami harus menjaga mereka dengan ketat, melakukan tekanan, dan berspekulasi, misalnya umpan terobosan dari Ganso atau Elano, yang merupakan pengumpan terbaik kami," ujar Ramalho.

Ia pun berharap bomber andalannya, Neymar, mampu memberi kejutan hebat. "Neymar tentu akan melakukan sesuatu. Saya tak meragukan itu. Saya tak ragu Neymar akan menyulitkan mereka. Mereka akan kesulitan mengatasi bola-bola atas di wilayah mereka. Ini adalah hal-hal yang bisa kami eksploitasi," tuturnya.

Sementara Pelatih Barcelona, Josep Guardiola, meminta pasukannya bermain santai di Jepang. Ia menyatakan Carles Puyol dkk akan tampil tanpa beban usai kemenangan 3-1 atas Real Madrid dalam laga El Clasico, Minggu (11/12).

"Saya memberi mereka kebebasan sebesar mungkin sehingga memungkinkan mereka bermain santai setelah terkuras melawan Madrid," ujar Guardiola dilansir Yahoosport, Senin (12/12).

Kemarin, pasukan La Blaugrana sudah melakukan sesi latihan perdana di Yokohama. Hari ini, Pep berencana membawa tim asuhannya tamasya memutari Kota Tokyo.

Namun itu tak lantas membuat Blaugrana akan melepaskan gelar. Guardiola tetap mewajibkan juara di turnamen ini. "Kami di sini untuk menjadi juara Piala Dunia Antarklub," tegas Guardiola, yang telah memenangi gelar serupa pada 2009 lalu.(Tribunnews.com/ka7)

Jadwal Semifinal
Rabu (14/12) Kashiwa Reysol vs Santos
Kamis (15/12) Al Sadd vs Barcelona

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar