Hendardji: Tindak Oknum Pemerintah Pelaku Pungli!

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2012/04/06/1423262620X310.jpg

JAKARTA, KOMPAS.com — Hendardji Soepandji, bakal calon gubernur DKI Jakarta jalur independen, menegaskan akan menertibkan siapa pun yang melakukan pungutan liar di wilayah publik jika terpilih menjadi gubernur nantinya. Hal tersebut diungkapkan mantan Komandan Pusat Polisi Militer tersebut saat berkunjung ke Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (6/4/2012).

Harus ditertibkan, pertama kali ada pembinaan, penyuluhan, mereka diberikan lapangan pekerjaan yang jelas, ada ruang bagi mereka diarahkan pada pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan profesi mereka.
-- Hendardji Soepandji

"Oh, itu harus ditertibkan. Pertama kali ada pembinaan, penyuluhan, mereka diberikan lapangan pekerjaan yang jelas, ada ruang bagi mereka diarahkan pada pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan profesi mereka," ujarnya.

Ia yakin oknum yang kerap melakukan pungli di area publik sejatinya tak diberikan pilihan lagi oleh pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Sementara mereka tetap membutuhkan pemasukan untuk hidup.

Namun, kata dia, jika cara-cara preventif seperti di atas tidak berhasil menumpas oknum tersebut, pria yang dikenal tegas ini tak segan-segan memberikan sanksi hukum bagi pelanggarnya, termasuk jika ditemukan oknum pejabat pemerintah daerah yang kongkalikong melakukan pungutan liar.

"Kalau langkah-langkah itu sudah dilakukan, tapi mereka masih saja melakukan pemerasan, hukum tentu akan berjalan. Reward dan punishment harus dilakukan, tidak bisa dibiarkan," tegasnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar