Tahu Kisaran Biaya Kuliah di China?

Bookmark and Share
http://assets.kompas.com/data/photo/2010/11/23/1757335620X310.jpg

JAKARTA, KOMPAS.com - Digelarnya 11th China Education Fair 2010 oleh Beijing Language & Culture Institute akan memberi kesempatan emas bagi para pelajar yang membutuhkan informasi terkini mengenai perkembangan studi di China. Sebanyak 17 perguruan tinggi yang hadir di pameran tersebut berasal dari ibukota provinsi paling utara, Harbin, hingga yang paling selatan di China, termasuk dari kota Beijing, Shanghai,Guangzhou, serta kota-kota besar lainya.

Paling tidak, ada lima universitas pemerintah yang menawarkan subsidi gratis asrama berbentuk hotel atau apartemen di lima kota besar China untuk program tertentu.
-- Samuel Wiyono

Demikian diungkapkan Ketua Pertukaran Mahasiswa dan Pengajar Asing Beijing Language & Culture Institute (BLCI), Samuel Wiyono, di Jakarta, Selasa (23/11/2010), menyambut digelarnya 11th China Education Fair 2010 itu. Pameran pendidikan tersebut akan diselenggarakan pada 27 dan 28 November mendatang di Hall B Mangga Dua Square, Jakarta, dan pada 4 dan 5 Desember di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Pameran itu sendiri akan menjadi pameran terlengkap pendidikan di China. Karena, kata Samuel, selain menawarkan pendidikan mulai dari belajar bahasa Mandarin, juga program Diploma/Foundation dari Inggris atau Australia, hingga kuliah untuk gelar Sarjana (S-1) dan Pascasarjana (S-2) dalam berbagai bidang studi, baik dalam pengantar bahasa Mandarin atau bahasa Inggris.

“Paling tidak, ada lima universitas pemerintah yang menawarkan subsidi gratis asrama berbentuk hotel atau apartemen di lima kota besar China seperti Ningbo, Nanchang, Hefei, Suzhou, dan Nanjing untuk program tertentu,” jelasnya.

Selama pameran berlangsung, uang kuliah yang ditawarkan pun semakin kompetitif. Contohnya, lanjut Samuel, uang sekolah atau belajar bahasa Mandarin atau gelar sarjana (S-1) di universitas pemerintah dipatok mulai 12.000 RMB per tahun atau sekitar Rp 16,5 juta. Sementara untuk gelar S-1 menggunakan bahasa Inggris, biaya kuliah yang ditawarkan mulai 12,800 RMB per tahun atau Rp 17,2 juta.

“Semuanya tanpa harus membayar uang pangkal atau uang gedung lagi,” imbuhnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar