Pertamina Berencana Bangun SPBU Khusus

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20120306_SPBU_Pertamina.jpg

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Balikpapan menjadi kota transit, baik penumpang maupun barang yang keluar masuk ke Kaltim. Hal ini membuat kendaraan roda enam ke atas marak melintas di jalan-jalan kota di Balikpapan.

Belakangan, antrean kendaraan besar tersebut kerap menjadi pemicu kemacetan di Balikpapan, terutama di beberapa SPBU dalam kota. Guna mengatasi hal tersebut, Pemkot berkoordinasi dengan Pertamina, agar antrean kendaraan besar dialihkan ke SPBU yang terletak di pinggiran kota.

Untuk mempermanenkan kebijakan pengalihan antrean kendaraan besar tersebut, Pemkot Balikpapan diminta oleh Pertamina untuk mencarikan lahan seluas 10 hektar. Rencananya, Pertamina akan membangun SPBU khusus, untuk melayani kendaraan roda enam ke atas.

"Dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu, Pertamina meminta kita (Pemkot) untuk mencarikan lahan di pinggiran kota. Luasnya sekitar 10 hektare, dan akan dibangun SPBU khusus yang melayani antrean truk besar," ungkap Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Selasa (3/4/2012).

Menurut Rizal, adanya SPBU ini akan menjadi solusi mengatasi kemacetan yang diakibatkan antrean truk besar yang mengisi solar.

Lokasi ideal, kata Rizal, terletak di Km 13, Jl Soekarno-Hatta, atau di sekitar Kawasan Industri Kariangau (KIK).

"Kita masih carikan lokasinya, tapi sebenarnya yang ideal itu di Km 13. Selain di pinggiran kota, daerah itu (Km 13) nanti dekat kawasan industri dan pelabuhan, tentu akan banyak truk yang melintas di sana. Kemudian, truk yang mau dan dari Samarinda juga bisa ngisi di sana," bebernya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar