Parade Foto Pawai Budaya Malioboro

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/berita/2012/4/14/kuda_lumping.jpg
http://data.tribunnews.com/foto/berita/2012/4/14/Haul_Upload_31.jpg
http://data.tribunnews.com/foto/berita/2012/4/14/Haul_Upload_51.jpg

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Kawasan Malioboro mendadak ramai, SabtU(14/4/2012). Pasalnya ribuan orang tumpah ruah dalam pawai budaya.

Acara tersebut merupakan puncak dari peringatan satu abad Sultan HB IX yang sudah diselenggarakan sejak kemarin. Kirab budaya itu diikuti oleh ribuan peserta dengan memamerkan seluruh kebudayaan seluruh Indonesia.

Situasi arus lalu lintas kawasan Malioboro sempat macet total, polisi juga memberlakukan sistem buka tutup dari dan yang menuju Malioboro.

Sebelumnya, Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan HB X membacakan orasi budaya pada peringatan 1 Abad Sri Sultan HB IX, yang berlangsung di pagelaran Kraton Yogyakarta, Kamis (12/04/2012). Ia berpesan, dalam proses pencarian sejarah jangan sampai mengkultuskan Sri Sultan HB IX.

"Kesederhanaan adalah letak karismanya. Ketulusan titik api kekuatannya, kerakyatannya menjadi tauladan bagi para pemimpin negeri. Beliau berpesan, jangan sampai orang mengkultuskannya karena itu tidak akan berguna," ucap Sultan.

Dikatakannya, negeri Yogyakarta sudah diatur sejak terbitnya UUD 45. Sri Sultan HB IX memahami benar apa yang sebenarnya terjadi, mengenai proses pembentukan UUD 45 dan kemerdekaan Indonesia.

"Beliau dengan tegas menyatakan, Yogyakarta yang bersifat kerajaan adalah daerah istimewa yang bergabung dengan RI. Sehingga kekuasaan diserahkan sepenuhnya kepada beliau," tutur Sri Sultan HB X.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar