Misa Paskah Gereja Bartolomeus Bekasi Lantunkan Lagu Latin

Bookmark and Share

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Misa Paskah pagi di Gereja Santo Bartolomeus Galaxi, Bekasi sangat terasa khikmat dan khusyuk, pasalnya seluruh lagu yang dilantunkan selama misa menggunakan bahasa latin (gregorian).

Misa yang dimulai pukul 06.00 WIB ini dipimpin oleh Romo Kepala Paroki, Tomas Bani SVD dan Romo Ignatius Ibar SVD.

Selama misa, anggota koor dari Schola Cantorum, yang beranggotakan bapak-bapak paruh baya ini menyanyikan 12 lagu latin, seperti Resurrexi, Vidi Aquam, Victimae Paschalilaudes, Terratremuit, dan Pascha Nostrum.

Menurut keterangan seorang anggota koor yang juga dirigen, Simon Sirene (61) diketahui kelompok koornya ini sudah sejak 10 tahun yang lalu melayani umat dengan lantunan lagu latin setiap kali misa Natal pagi, Paskah pagi, Pantekosta, Maria Diangkat ke Surga, dan Kristus Raja.

"Sejak 10 tahun lalu kami aktif mengisi koor dengan bahasa latin. Agar melestarikan bahasa latin, dan lagu bahasa Latin sangat berkenan pada Tuhan sejak puluhan tahun lalu," ucap Simon saat ditemui usai misa, Minggu(8/4/2012)

Lebih lanjut saat ditanya perihal, arti dari Schola Cantorum sendiri, Simon menjelaskan dalam bahasa Latin Schola berarti sekolah dan Cantorum berarti penyanyi, sehingga artian singkatnya tempat atau sekolah para penyanyi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar