Jalan Kaki Terbukti Ampuh Mengatasi Depresi

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2012/04/16/763/jalankaki-ts-dalam.jpg

Jakarta, Aktivitas fisik seperti olahraga diketahui bisa meredakan depresi dan kegelisahan. Tidak perlu olahraga terlalu berat, penelitian membuktikan bahwa aktivitas ringan seperti jalan kaki sudah cukup untuk memberikan ketenangan batin.

Penelitan terbaru yang dimuat dalam Mental Health and Physical Activity ini menunjukkan, jalan kaki bisa memberikan efek luar biasa bagi penderita depresi. Efeknya nyaris sama dengan olahraga berat, yakni meredakan gejala depresi termasuk rasa gelisah.

Bukan penelitian baru memang, para ilmuwan dari University of Stirling hanya mengkaji 8 penelitian terdahulu yang totalnya melibatkan sekitar 341 penderita depresi. Hampir semuanya menunjukkan, olahraga ringan seperti jalan kaki bisa memperbaiki kondisi kejiwaan seseorang.

"Jalan kaki punya kelebihan yakni bisa dilakukan oleh siapa saja, hanya membutuhkan sedikit atau bahkan tanpa biaya sama sekali dan bisa diselipkan dalam aktivitas sehari-hari," tulis para ilmuwan seperti dikutip dari BBC, Senin (16/4/2012).

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang sangat sering dijumpai, serta dialami oleh 1 dari 10 orang pada satu masa dalam kehidupannya. Dokter atau psikiater dapat meresepkan obat untuk meredakannya, namun jika belum terlalu parah maka olahraga sudah cukup membantu.

Prof Adrian Taylor yang memimpin penelitian ini mengatakan, olahraga bisa mengalihkan perhatian seseorang dari rasa cemas yang bisa memperburuk depresi. Selain itu, olahraga juga bisa merangsang pelepasan hormon tertentu yang memicu rasa senang.

Kelebihan lain dari jalan kaki dibandingkan beberapa jenis olahraga yang lain adalah harus dilakukan di ruangan terbuka. Menurut berbagai penelitian, aktivitas luar ruangan lebih memberi efek menyegarkan pikiran daripada olahraga yang hanya dilakukan di dalam ruangan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar