Tubuh Waria Dilukis Jadi Indah

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/body-painting.jpg

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Seni lukis tubuh (body painting) umumnya memakai perempuan mulus nan cantik sebagai obyeknya. Tapi perupa Mbah Gimbal,asal Surabaya lebih memilih waria menjadi obyek lukisannya.

Hal itu terlihat di pra pembukaan pameran lukisan Bukit Darmo Golf Club House, Sabtu (3/3/2012).

Uniknya, aksi melukis di tubuh waria itu dilakukan dengan mata tertutup. Cindy, sang waria hanya dibalut kaos dan rok ketat saat badannya dicoret dengan berbagai warna cat air. Waria bertubuh sintal ini sesekali tersenyum saat kuasnya menyentuh bagian sensitifnya.

Dan, hanya kurang dari setengah jam, tubuh Cindy sudah dipenuhi berbagai goresan warna.

“Saya sengaja mengajak waria karena mereka juga berhak diperlakukan sama. Jadi tidak melulu perempuan cantik,” alasan Mbah Gimbal.

Kenapa harus menutup mata, pemilik rambut gimbal ini ingin menunjukkan bahwa dalam kegelapan tetap bisa berkarya, bahkan hasilnya bisa lebih hebat dibanding perupa normal.

“Memang ini terkesan nyleneh, tapi bagi seniman tidak ada kata nyleneh karena yang dihasilnya bisa memiliki kepuasan pribadi dan memiliki nilai seni,” katanya.

Selain mbah Gimbal, pameran ini diikuti 40 perupa asal Jatim, Jateng, Jakarta dan Bali. Mereka menampilkan lukisan dengan berbagai aliran seperti dekoratif, realis, abstrak, impressionis dan ekspresionis.

Panitia penyelenggara Muit Arsya mengungkapkan pameran akan dibuka hari ini (4/3/2012) hingga 31 Maret 2012.

“Pameran ini kami maksudkan untuk memperkenalkan karya seni ini ke publik luas serta memndekatkan pelukis dan penikmatnya. Jadi tidak melulu di galeri, tapi di lokasi golf juga bisa menikmati karya lukis,” kata ketua Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar