Manchester United vs Athletic Bilbao: Setan Merah Kalah 2-3

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/MU-kalah23.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Secara mengejutkan, Setan Merah, Manchester United keok 2-3 dikandangnya sendiri dalam laga leg I babak 16 besar liga Liga Europa melawan Athletic Bilbao di Old Trafford, Jumat (9/3/2012). Dalam pertandingan ini, Manchester United seperti kalah kelas.

Siapa bilang laga di Liga Europa yang dicap sebagai kompetisi kelas dua bakal berlangsung membosankan. Buktinya laga antara Manchester United kontra Athletic Bilbao sangat seru. Dua gol MU diciptakan Wayne Rooney dan Athletic Bilbao oleh, Llorente, De Marcos, Muniain. MU kandas padahal memimpin lebih dulu.

Di menit ke-3 Manchester sudah mencoba-coba menyerang. Dimulai dengan tendangan Ryan Giggs ke gawang namun masih bisa diblok Mikel San Jose.

Digertak di awal pertandingan, Athletic membalas kurang dari semenit kemudian--bahkan lebih mengancam. Llorente yang menggocek bola di ruang pertahanan Manchester United melepaskan tembakan. Sayang, tendangan itu hanya beberapa inci melenceng dari gawang United.

Di menit ke-19, Llorente jatuh-atau menjatuhkan diri di kotak penalti. Namun, wasit tak menganggap itu sebuah pelanggaran.

Tiga menit setelah itu, Bilbao kembali menggertak lewat tendangan Markel Susaeta. De Gea tampil gemilang dan berhasil mendekap bola itu.

Kerjasama apik serangan cepat pemain Manchester United membuahkan hasil. Giggs membawa bola ke kotak pertahanan Athletic Bilbao dan mengumpan ke Hernandez. Hernandez menembak ke gawang namun berhasil diblok Gorka Iraizoz, kiper Athletic Bilbao. Bola muntahan itu kemudian di sambut Wayne Rooney. Goll!! Manchester 1, Athletic Bilbao 0.

Ketinggalan 1-0 membuat pasukan Athletic Bilbao bermain lebih menyerang. Di menit ke 33 Markel Susaeta nyaris menyamakan kedudukan. Lepas dari jebakan offside, Susaeta berhasil menerima bola lambung operan rekannya. Beradu lari dengan Evans, Susaeta lalu menendang bola ke gawang melewati De Gea yang tampaknya terlalu maju ke depan. Sayang bola tendangannya masih melenceng dari mulut gawang.

Lagi-lagi Susaeta belum beruntung. Tendangannya di menit ke 36 dari sisi sebelah kiri pertahan Manchester United masih bisa diblok De Gea.

Kerja keras pasukan Athletic Bilbao mengejar ketinggalan akhirnya membuahkan hasil. Di menit ke 44, lima pemain Bilbao bekerjasama di area pertahanan Setan Merah. Saling mengoper bola dan membuat pertahanan MU kendur. Akhirnya umpan silang lambung yang dilepaskan Susaeta berhasil ditanduk oleh Llorente. Gol, Bilbao pun menyamakan kedudukan jadi 1-1.

Athletico Bilbao memulai babak kedua dengan menyerang habis-habisan. Meski belum membuahkan gol, tapi kiper Manchester United, De Gea dibuat pontang-panting menyelamatkan gawangnya.

Dalam tiga menit, Bilbao melancarkan tiga serangan berbahaya. Gawang De Gea hampir kebobolan saat Iker Muniain melepaskan tendangan keras. Hanya dengan unjung jarinya De Gea bisa menggeser arah bola agar keluar dari gawangnya di menit ke 50 itu. Tak puas, lagi-lagi di menit ke 52 datang lagi tendangan keras dari pemain Bilbao, De Gea bisa mengamankannya. Tak berhenti disitu, De Gea dipaksa untuk kerja keras lagi menyelamatkan gawangnya dari tendangan Fernando Llorente.

De Gea bermain gemilang. Di menit ke 60 lagi-lagi ia berhasil menyelamatkan gawangnya dari serangan brutal yang dilakukan para pemain Bilbao. Muniain nyaris membobol gawang De Gea. Sontekan Muntain masih bisa diadang oleh kaki De Gea.

Terus diserang MU mendapat kesempatan membalas. Namun usaha Hernandez yang menusuk kotak penalti masih gagal. Bola yang ia bawa berhasil direbut oleh kiper Bilbao, Gorka.

Akhirnya pemain Athletic Bilbao menemukan formulasi yang tepat dalam menyerang. Menyerang dengan lebih teratur dan berpola di menit ke 72 gawang De Gea Bobol. Adalah De Marcos yang berhasil menyarangkan bola ke gawang lewat assist dari Ander Herrera. Gol itu dibuat dengan serangan rapi dari kaki ke kaki. Ander Harrera melepaskan umpan lambung ke depan dan De Marcos yang lepas dari jebakan offside menyambutnya dengan tendangan langsung. De Gea hanya terdiam. Gol! Manchester 1, Athletic Bilbao 2.

Wayne Rooney berusaha membuat gol di menit ke 80. Sayang tendangan kerasnya lagi-lagi masih bisa dimentahkan Gorka.

Memimpin satu gol Athletic Bilbao belum puas. Mereka terus menyerang dan hasilnya, De Gea pun direpotkan lagi oleh tendangan Gaizka Toquero.

Bilbao memetik hasilnya di menit ke 90. Bola lambung yang dikirim dari area Bilbao ke daerah pertahanan United disambut oleh De Marcos. Marcos menendang keras tapi berhasil diblok De Gea. Apes bagi De Gea, bola itu memantul dan disambut oleh Muniain. Mengejutkan, Bilbao unggul 1-3.

Di menit-menit akhir, United akhirnya berhasil mendapatkan hadiah penalti dari wasit karena Óscar de Marcos menyentuh bola di kotak terlarang. Rooney sukses mengeksekusinya. Hasil akhir: Manchester 2, Athletic Bilbao 3.

Susunan Pemain:
Manchester United:
David De Gea, Patrice Evra, Rafael, Jonathan Evans, Chris Smalling (Michael Carrick 54), Phil Jones, Ryan Giggs (Nani 75), Park Ji-Sung (Anderson 62), Ashley Young, Wayne Rooney, Javier Hernández.

Athletic Bilbao:
Gorka Iraizoz, Andoni Iraola, Mikel San Jose, Jon Aurtenetxe, Javi Martínez, Susaeta, Ander Iturraspe, Ander Herrera, Fernando Llorente (Gaizka Toquero 81), Oscar, Muniaín.

Wasit : Florian Meyer

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar