Makanan Berserat Tinggi Cegah Kolesterol

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Kolesterol-ilustrasi.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Kolesterol dan darah tinggi dipicu terganggunya trigliserida yakni sejenis lemak di pembuluh darah. Sering mengonsumsi makanan dan buah berserat tinggi adalah cara ampuh mencegahnya.

Makanan dan buah berserat tinggi mampu mengikat lebih banyak lemak yang tak bisa dicerna usus lalu dibuang melalui kotoran, sehingga menyehatkan.

"Sayur misalnya, semuanya berserat tinggi. Untuk buah juga sama, namun terbaik adalah pepaya dan mangga. Untuk makanan, bisa dengan puding," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kalsel, dr Rudiansyah.

Trigliserida sebenarnya bungsinya untuk memperlancar proses pembentukan antibodi, sel-sel tubuh, hormonal, dan sebagainya. Namun fungsi trigliserida ini terganggu akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman berlemak. Akibatnya, akan memicu kolesterol dan darah tinggi.

"Ini tergolong jenis lemak LDL (low density lipoprotein) kolesterol. Dia gampang mengendap di pembuluh darah, makanya disebut juga lemak jahat," jelasnya.

Menurut Rudiansyah, kadar normal trigliserida dalam tubuh maksimal 150 mg/dl, bisa ditoleransi hingga 200 mg /dl. Lebih atau kurang dari itu, akan berbahaya.

Jika sudah terlanjur kena, maka pengobatannya bisa dengan rutin terapi obat dan perbanyak aktifitas tubuh seperti olahraga serta mengurangi memakan makanan berlemak.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar