Ibas: Harga BBM Naik Agar Subsidi Tepat Sasaran

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/bENDERA-SIDANG.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas mengatakan Partai Demokrat mendukung rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) agar bantuan langsung pemerintah kepada masyarakat kurang mampu semakin tepat sasaran.

“Kebijakan kenaikan BBM selain menyelamatkan APBN juga untuk mengalihkan subsidi pemerintah kepada masyarakat miskin agar semakin tepat sasaran,” ungkap politisi muda ini dalam siaran persnya kepada Tribunnews.com, Senin (12/3/2012).

Menurut Ibas, Partai Demokrat dan pemerintah telah memperhitungkan langkah kebijakan kenaikan BBM secara matang. Partai Demokrat kata Ibas bersama pemerintah telah mempertimbangkan dengan perhitungan yang detail keputusan untuk menaikkan harga BBM.

"Selain penerimaan pajak akan menurun, beban subsidi juga akan memberikan dampak pengurangan anggaran pada sektor strategis seperti pendidikan,” ungkap Ibas yang juga master di bidang International Political Economy dari Nanyang Technological University, Singapura ini.

Ibas menjelaskan, langkah kebijakan pemerintah tersebut agar APBN tidak “tersandera” oleh subsidi yang besar dan justru sebagian besar tidak dinikmati oleh masyarakat kurang mampu. Untuk itu, Ibas mengajak semua pihak untuk objektif melihat realitas perlunya BBM dinaikkan untuk menjaga APBN 2012 bisa stabil mendukung pembangunan di segala bidang.

Menurut Ibas, subsidi BBM sebaiknya dialihkan untuk membangun infrastruktur daerah yang masih tertinggal.

“Jika pemerintah terus memberikan subsidi bahan bakar, maka kesempatan untuk membangun sektor lain akan semakin terbatas,” ungkap Ibas.

Ditambahkannya, Partai Demokrat akan selalu berupaya mendukung kompensasi BBM dalam bentuk bantuan langsung dan program – program langsung ke rakyat miskin.

“Demokrat mendukung bantuan kepada masyarakat bukan hanya berupa bantuan tunai langsung, tapi juga berupa subsidi beras miskin, subsidi siswa miskin dan subsidi transpotasi Angkutan umum,” tegas Ibas.

Ibas juga mengimbau agar program yang dijalankan pemerintah dikawal oleh seluruh kader Partai Demokrat baik pusat maupun daerah agar bisa terrealisasi dengan baik di masyarakat.

“Seluruh kader Partai Demokrat wajib memberikan penjelasan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kenaikan harga BBM merupakan pilihan terbaik yang harus didukung sepenuhnya oleh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar