HUT Balai Besar Peramalan OPT

Bookmark and Share
Jatisari (10/03/2012). Acara ulang tahun Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) yang ke 24 dikemas ala Pesta Kebun, dengan mengambil posisi disamping kolam pemancingan. Kesan hijau menyelimuti suasana pesta, karena disekeliling tumbuh pepohonan besar yang rindang, dari pohon mangga, rambutan sampai kebun koleksi pestisida nabati. Panggung berdiri disamping kiri lapangan Tennis menghadap ke arah kolam. Panitia sengaja mensetting sedemikian rupa agar suasana benar2 akrab dan penuh kekeluargaan. Acara cukup meriah bukan karena iringan organ tunggal dan penyanyi yang aduhai tetapi berbarengan dengan acara door prize RAT Koperasi Mitra Usaha tahun buku 2011, yang rapatnya sudah dilaksanakan sehari sebelumnya (Jumat 9/03). Banjir hadiah mewarnai HUT BBPOT kali ini juga datang dari 2 stake holder yang ikut berpartisipasi dalam acara ini antara lain PT. FMC dan PT. Tritama Wirakarsa (Nordox). Acara yang mendapat restu dari Dirjen Tanaman Pangan ini sebagai refleksi perjalanan BBPOPT selama 24 tahun hingga saat ini. Selain dihadiri oleh Dirjen TP (walaupun cuma nengok sebentar) namun cukup membanggakan pihak panitia, selain itu dihadiri juga oleh perwakilan Direktorat Serealia, Perwakilan kelompok tani, pejabat esselon III dan IV lingkup BBPOPT sendiri, dan pihak swasta. Secara simbolis potong tumpeng dilakukan oleh kepala Balai disaksikan para hadirin tamu undangan.
Pada sambutannya Ir. Sarsito Wahono Gaib Subroto, MM (kepala balai) menyampaikan secara runut sejarah BBPOPT. Sambutan juga disampaikan oleh PT. FMC (Bp. Amir Hamzah), PT. Tritama Wirakarsa (Bp. Ajat Sudrajat), dan Kelompok Tani (Bp. H. Udin) yang menyampaikan peran penting BBPOPT sebagai ujung tombak peramalan OPT yang senantiasa memberikan informasi tentang perkembangan OPT setiap musim tanam. Menurut ketiganya sepakat bahwa kehadiran ramalan BBPOPT dalam menginformasikan trend2 perkembangan OPT di Indonesia masih sangat dibutuhkan.
Acara puncak Mancing bersama, dan hiburan organ tunggal, mancing merupakan hiburan yang banyak peminatnya maklum dari 2 kuintal ikan yang ditanam di empang terdapat ikan yang diberi tanda khusus berupa pita, para pemancing yang mendapatkan ikan ini berhak memperoleh sejumpah hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Mancing berlangsung meriah diselingi alunan merdu artis lokal organ tunggal yang menghibur mancing mania.
Kesibukan kerja yang melelahkan pikiran dan otak terlampiaskan pada acara ini, refreshing yang murah meriah ini mampu menumbuhkan rasa kekeluargaan yang dalam. Hadirr juga para purna tugas yang sudah memasuki masa pensiun diantaranya hadir Bp. Ir. Totok Roekitok, Sukar, H. Djaenal Arifin, ketiga purna tugas ini mendapatkan bingkisan kenang2an dari BBPOPT. Alunan musik nostalgia era 80-an mewarnai perhelatan acara ini, gemericik kolam dan teriakan kegembiraan manakala mata kailnya mengenai seekor ikan menambah semarak siang itu. Tidak terasa acara berlalu begitu cepat, seperti juga usia BBPOPT yang menapaki 24 tahun, usia yang cukup dewasa dan matang untuk berprestasi dan berkarya bagi bangsa ini.
Dari lubuk hati yang paling dalam akhirnya "Selamat ultah BBPOPT" semoga selalu menjadi soulmate petani dan petugas lapang. Happy Birtday GBU...!!!***
.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar