Buah Berair Banyak, Camilan Terbaik untuk Tubuh

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/semangka1.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memiliki tubuh langsing dan sehat pasti jadi impian hampir setiap perempuan di dunia. Namun sebelum mencoba obat pelangsing untuk menurunkan berat badan, sebaiknya coba atur asupan makanan Anda. Pengaturan jenis makanan sangat berguna untuk menjaga kestabilan berat badan dan kesehatan seseorang.

Berikut saran ahli gizi Robyn Flipse, MS, RD, mengenai jenis makanan yang disarankan untuk mendorong penurunan berat badan:

1. Buah berair banyak
Ketika merasa lapar, sebaiknya pilih buah sebagai camilan. Makan saja buah yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti melon, semangka, atau blewah. Kadar air yang tinggi membantu melancarkan penyerapan kalori per porsi, dan memberi cairan lebih banyak dalam tubuh. Buah menjadi cara yang bagus untuk melembabkan kulit, sekaligus memberi rasa kenyang lebih cepat dan bertahan lama, karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

2. Yogurt bebas lemak
Makanan kaya protein dari produk dairy seperti susu dan yogurt sudah terbukti mampu membantu penurunan berat badan. Tetapi lupakan dulu frozen yogurt seperti yang banyak disajikan restoran siap saji. Sebagai gantinya, pilih yogurt tawar yang bebas lemak. Nah, setelah itu Anda bisa menambahkan buah-buahan apa saja sesuai selera Anda. Tambahkan juga kacang tumbuk untuk memberi asupan protein.

3. Sayuran berwarna
Meski kebanyakan sayur seperti zucchini, labu kuning dan merah, serta paprika tidak banyak disukai, namun sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelangsingan tubuh. Jika sulit menemukan jenis sayuran tersebut, ganti saja dengan sayuran lain yang lebih akrab untuk Anda, seperti tomat, mentimun, jagung, wortel, terong, dan lain sebagainya. Selain membuat makanan lebih beraroma, sayuran memiliki kalori yang lebih sedikit. Karena itu, ketika Anda menjadikan sayuran sebagai teman makan nasi, Anda bebas mengonsumsi sayuran ini sebanyak mungkin. Sebaliknya, kurangi porsi nasinya.

4. Dada ayam
Dada ayam tanpa kulit merupakan salah satu sumber protein yang baik ketika sedang diet. Selain itu, juga bisa menjaga gula darah dari peningkatan nafsu makan. Simpanlah dada ayam yang sudah dimasak, atau setengah matang, yang dimasak dengan cara dipanggang atau rebus. Sajikan dalam kondisi dingin atau dipanaskan terlebih dulu, bisa disantap sebagai lauk atau dicampur bersama salad.

5. Perbanyak air putih
Ketika coba menurunkan berat badan dan berolahraga, air putih harus menjadi sahabat terbaik. Selain menjaga tubuh tidak kehilangan cairan dan menjadi lemas, air putih juga membantu metabolisme tubuh. Kemudian, kurangi minuman bersoda, karena minuman ini memiliki kandungan kalori yang tinggi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar