Brasil Jadi Negara Ekonomi Terbesar ke Enam Dunia

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/l-Guido-Mantega.jpg

TRIBUNNEWS.COM RIO DE JANEIRO-Institut riset sosial dan ekonomi, NIESR beserta lembaga ekonomi lainnya juga mengatakan bahwa Brasil menggeser posisi Inggris.

Ekonomi Brasil sekarang menurut BBC bernilai 2,5 triliun dollar Amerika seperti yang disampaikan Menteri Keuangan Brasil Guido Mantega.

Tetapi Mantega sepertinya ingin terlihat bersahaja atas transisi simbolis tersebut - yang datang setelah Cina mengambil alih posisi kedua negara ekonomi terbesar dunia dari Jepang tahun lalu.

"Tidak penting menjadi negara ekonomi terbesar ke enam, tetapi menjadi diantara yang ekonominya paling dinamis dan pertumbuhan yang bekelanjutan,'' katanya.

Brasil mengalami pertumbuhan ekonomi didorong oleh harga minyak dan makanan.

Di tahun 2010, ekonomi Brasil senilai 2,09 triliun dollar Amerika dibandingkan dengan Inggris dengan pengeluaran total 2,25,triliun dollar Amerika berdasarkan data lembaga keuangan internasional, IMF.

Bagaimanapun, menurut NIESR, jika menggunakan angka IMF dengan kurs sekarang, ekonomi Brasil saat ini mencapai 2,52 dollar Amerika triliun dan Inggris 2,48 triliun dollar Amerika.

Peningkatan terbesar dalam ukuran nominal di kedua negara terlihat dalam inflasi domestik.

Seorang juru bicara kementerian keuangan Inggris mengatakan: ''Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan populasi yang besar di negara ekonomi berkembang yang besar akan mengejar perekonomian yang mapan seperti Inggris. Ini menunjukkan bahwa pemerintah tepat untuk menempatkan kepentingan kerjasama ekonomi dengan negara ekonomi berkembang.''
Data pusat statistik Brasil Instituto Brasileiro de Geografia de Estatistica menyebut, di kuartal ke empat tahun lalu, ekonomi Brasil tumbuh 0,3% dari kuartal sebelumnya.

Will Landers, dari BlackRock Latin American Fund mengatakan ''Banyak dan makin banyak orang yang berinvestasi di Brasil''.

Baik angka tahunan maupun kuartal yang keluar ini sebenarnya dibawah perkiraan pengamat.

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengatakan penurunan pertumbuhan tahun lalu lebih disebabkan oleh pelemahan situasi ekonomi global dan kebutuhan untuk melawan peningkatan inflasi.

"Banyak dan makin banyak orang yang berinvestasi di Brasil" Will Landers

Brasil, negara ekonomi terbesar Amerika Latin dan salah satu dari negara Bric bersama Rusia, India dan Cina dipandang sebagai negara dengan ekonomi yang melonjak dalam beberapa tahun terakhir, dengan pertumbuhan yang jauh lebih cepat dari AS dan negara Eropa barat, tetapi dengan angka inflasi yang tinggi.

Saat ini AS masih menempati peringkat pertama negara ekonomi terbesar dunia diikuti Cina, Jepang, Jerman dan Prancis.

Dengan cadangan minyak dan gas yang terus ditemukan di lepas pantai Brasil dalam beberapa tahun terakhir, negara ini kini menjadi negara penghasil minyak terbesar ke sembilan dunia, dan pemerintah berharap bisa masuk ke jajaran lima besar.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar