Stok Gula di Sulawesi Selatan Aman

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Gula-manis.jpg

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Irman Yasin Limpo menegaskan bahwa stok gula di Sulsel saat ini dalam kondisi aman.

Tak hanya stok, harga gula yang beredar di tingkat pengecer juga masih dalam kondisi yang wajar. Dari data Disperindag Sulsel, harga gula di sejumlah pasar-pasar tradisional di Makassar berada di posisi Rp 10 ribu per kilogramnya.

Meski dalam kondisi yang aman, Irman mengakui bahwa di Sulsel beberapa waktu lalu sempat mengalami kekurangan pasokan, sehingga harga gula di sejumlah daerah di Kawasan Timur Indonesia, relatif tinggi.

"Namun kekurangan pasokan yang berdampak pada harga ini disebabkan oleh anomali cuaca," katanya kepada Tribun, Selasa (7/2/2012).

Dikatakan, kebutuhan gula kristal putih di Sulsel mencapai 10 ribu ton per bulan. Sementara yang bisa dipenuhi oleh industri hanya 6.000 ton. Kekurangan 4.000 ton gula bisa ditutupi dari pasokan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, PTPN IX, dan PTPN X.

Dengan adanya pasokan gula tersebut, maka stok gula Sulsel akan relatif aman, meski ada kebijakan pemerintah terkait pembatasan produksi pabrik gula rafinasi di Makassar.(*)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar