Zivanna Letisha: Lebih Baik Bertindak

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Zivanna-Letisha-Siregar_1.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembalakan hutan secara liar di sejumlah daerah di Indonesia sangat memprihatinkan. Akibatnya, hutan tidak lagi berfungsi maksimal, terutama dalam penyerapan air. Hal ini menimbulkan bencana banjir kapan saja bisa mengancam.

Terkait penyelesaian masalah tersebut, Zivanna Letisha Siregar, Putri Indonesia 2008, menyampaikan pendapatnya. Menurut Zivanna, daripada terus menyalahkan pemerintah, lebih baik masyarakat melakukan inisiatif dengan melakukan penanaman pohon.

"Daripada terus menyalahkan pemerintah, kenapa kita tidak melakukan sesuatu yang lain. Penanaman pohon di perumahan memiliki banyak manfaat dan harus kita lakukan dari lingkungan terdekat," ujar Zivanna kepada wartawan, Seni, (19/12/2011), di perumahan Permata Bintaro Cluster Calysta, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Zizi--sapaan akrab Zivanna--kemudian menjelaskan hingga kini, jumlah pohon yang berhasil ditanam masyarakat sejak 2011, sudah mencapai 1 miliar. Tanamannya pun beraneka ragam. Mulai dari tanaman sayur dan buah-buahan. Dan upaya penanaman itu sudah dilakukan di daerah, seperti di Cirebon, Sentul, Jakarta, dan sekitarnya.

Dengan menggunakan pot, masyarakat perumahan bisa memanfaatkan lahan kosong di halaman rumahnya untuk menanam pohon-pohon tersebut.

"Dari pada kita terus berpikir menghijaukan negara yang begitu luas, lebih baik kita mulai dengan perumahan," ucapnya saat melakukan penanaman pohon dalam acara 'Lewat Eco Cluster Mari Hijaukan Perumahan dan Kurangi Pemanasan Global' itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar