Zivanna Letisha: Kemerdekaan itu Introspeksi Diri

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Zivanna_Letisha_Siregar23.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bagi Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha, dimaknai dengan kebebasan yang bertanggungjawab.

"Bagi aku Kemerdekaan itu bebas sekaligus kemerdekaan itu juga bertanggung jawab," kata Zivanna Letisha atau yang akrab dipanggil Zizi, saat pers conference pelepasan Puteri Indonesia 2010, Nadine Alexandra ke ajang Miss Universe 2011 di Sao Paulo, Brazil, Senin (15/8/2011).

Di mata Zizi, banyak orang yang mengartikan sedikit berbeda akan makna kemerdekaan, salah satunya dengan menyalahkan Pemerintah tanpa bisa melakukan introspeksi diri terlebih dahulu.

"Mungkin kita sekarang hanya bisa nyalahin pemerintah, tanpa bisa bercermin terhadap diri sendiri sebagai rakyatnya. Seharusnya hal tersebut bisa dijadikan ajang introspeksi diri, baik oleh rakyat maupun pemerintahnya. Kita harus bisa saling dukung, supaya bisa lebih maju," terang Zizi.

Dari segi ekonomi, Zizi melihat Indonesia itu adalah market terbesar kedua setelah China. Hal ini bisa menjadi sebuah peluang yang besar untuk membangun negeri ini.

"Nah dengan HUT RI kali ini kita harus bisa introspeksi diri kita sendiri baru yang lainnya," kata Zizi.

Selain itu, generasi muda saat ini memiliki peran yang sangat berarti mengingat sudah banyak generasi muda yang bisa menduduki beberapa posisi penting dalam parlemen maupun perusahaan.

"Mungkin orang udah berfikir, kalau umur itu bukanlah sebuah tolak ukur lagi. Anak muda kan semangatnya masih ada banget, jadi generasi muda itu sangat berperan penting. Dan dimanapun kita berada, kemerdekaan itu harus dimaknai dengan baik, harus introspeksi lah," tutupnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar