RB8 Siap Dijajal, Red Bull Yakin Unggul Lagi Musim Depan

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/RB8-Siap-Dijajal.jpg

TRIBUNNEWS.COM - SETELAH sukses merebut gelar juara dunia pembalap dan konstruktor, tim Red Bull Racing sudah fokus menghadapi persaingan Formula satu musim 2012. Mobil baru RB8 sedang dikembangkan dan siap dijajal pada saat uji coba pertama pra musim yang akan digelar tanggal 7 Februari 2012. Mereka yakin bisa kembali unggul di musim depan.

Saat ditanya tentang kemajuan pengembangan mobil RB8, Adrian Newey merasa yakin Red Bull akan mencapai target menyelesaikan proyek baru mobil RB8 sebelum tes itu digelar. Sedangkan tim Mercedes baru-baru ini mengumumkan mereka kemungkinan akan absen saat tes tersebut digelar.

"Target kami adalah bisa menyelesaikan rencana agenda melakukan uji coba pertama. Seperti biasa, memang proyek pengembangan mobil ini waktunya sangat ketat, kami akan sangat kecewa jika pada saat uji coba nanti mobil tidak siap," kata Adrian Newey.

Ia mengakui satu-satunya hal yang bisa menjadi kendala untuk bisa mengejar target waktu adalah aturan baru F1 yang mengharuskan semua tim peserta melewati semua tes kekuatan mobil (crash test) sebelum melakukan uji coba.

Sebelumnya, tim-tim peserta F1 boleh melakukan uji kekuatan atau crash test tersebut sebelum balapan seri pertama. Namun musim ini dimajukan jadi sebelum melakukan uji coba. Aturan ini berlaku tak cuma buat Red Bull tetapi bagi seluruh peserta F1.

"Itulah satu perbedaannya, tahun ini kita harus melewati tes kecelakaan sebelum kita diperbolehkan melakukan uji coba. Bagi semuanya ini akan menjadi hal yang sangat diperhatikan karena memang kadang-kadang sesuatu yang tidak diharapkan bisa saja terjadi," katanya.

Jika gagal melakukan tes kecelakaan sebelum melakukan uji coba pertama maka mereka harus menyesuaikan jadwal lagi dan mungkin baru bisa melakukan uji coba mobil balap baru pada sesi uji coba kedua atau ketiga.

Uji coba mobil F1 pra musim akan digelar dalam empat gelombang. Sesi pertama digelar empat hari di sirkuit Jerez dari 7-10 Februari, sesi kedua di Catalunya 21-24 Februari, sesi ketiga masih di Catalunya 1-4 Maret, dan sesi uji coba pra musim terakhir digelar di Mugello 1-3 Mei. Sedangkan seri pertama balapan F1 akan digelar di sirkuit Melbourne, Australia tanggal 18 Maret 2012.

Musim 2012 yang akan digelar sebanyak 20 seri merupakan musim F1 yang ke-63. Ini merupakan musim kedua terakhir dipakainya mesin 2.4 liter V8. Setelah 2014, mesin F1 akan memakai mesin 1,6 liter V6 turbo yang konon lebih ramah lingkungan.

Dari 12 tim peserta F1 di 2012, saat ini belum semua tim yang sudah mengumumkan nama sasis mobil yang akan dipakai. Baru Red Bull, McLaren, Mercedes, Toro Rosso, dan Hispania Racing Team (HRT) yang sudah mengumumkan nama mobil balap mereka. Red Bull memakai RB8, Mercedes memakai MP4-27A, Mercedes memakai mobil F1 W03, Toro Rosso memakai STR7, dan HRT pakai F112.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar