Anak Usia 9-11 Tahun Sebaiknya Tes Kolesterol

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/12/12/1301/anaktes-dlm-ts.jpg
Jakarta, Anak-anak sebaiknya diperiksa kadar kolesterolnya ketika berusia 9-11 tahun. Rekomendasi ini berasal dari sebuah panel yang terdiri 14 orang pakar dan diselenggarakan oleh National Heart, Lung and Blood Institute dan didukung oleh American Academy of Pediatrics di Amerika Serikat.

Rekomendasi yang dimuat dalam jurnal Pediatrics ini mengubah pedoman tahun 1992 yang merekomendasikan bahwa anak-anak sebaiknya diperiksa kolesterolnya hanya jika terdapat riwayat kolesterol tinggi atau penyakit jantung pada keluarganya.

"Tapi panel memutuskan untuk mendorong perluasan itu karena bukti penelitian yang telah dihimpun menunjukkan bahwa kolesterol tinggi pada anak dapat menyebabkan tanda-tanda awal penyakit jantung, sedangkan pendekatan yang ditargetkan tidak bekerja dengan baik. Sementara itu, beberapa anak dengan kolesterol tinggi dapat memperoleh manfaat dari pola makan yang baik dan olahraga," kata Stephen R. Daniels dari University of Colorado, pemimpin panel seperti dilanisr washingtonpost, Senin (12/12/2011).

Tes ini bisa dilakukan dengan sederhana dan murah karena hanya memerlukan sejumlah kecil darah. Namun rekomendasi baru ini segera mendapat kritikan dari beberapa pihak.

Nortin M. Hadler, profesor kedokteran di University of North Carolina di Chapel Hill, mengatakan bahwa dia sangat keberatan dengan rekomendasi baru ini. Menurutnya, kadar kolesterol tinggi tidak selalu menyebabkan penyakit jantung.


sunber : .detikhealth.com/read/2011/12/12/174053/1789324/1301/anak-usia-9-11-tahun-sebaiknya-tes-kolesterol?l1101755

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar