5 Tablet Android Terbaik 2011

Bookmark and Share
Bicara tentang tablet Android, pasti yang langsung terpikir adalah berapa ukuran layarnya dan apa sistem operasinya. Tak salah karena tablet berbasis Android memang muncul dalam berbagai ukuran layar. Ada yang ukurannya 5 inci, 7 inci, 8,9 inci, 9,7 inci, dan 10,1 inci. Uniknya, masing-masing ukuran memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Dan masing-masing pabrikan mengeluarkan tablet dengan fitur dan tambahan fungsi yang berbeda-beda, ada yang bisa digunakan sebagai netbook, ada yang didesain slates, dan , dan ada yang berfungsi sebagai ebook reader.

Lantas tablet Android mana yang terbaik selama 2011? Menurut gdgtgw.com, ada lima tablet yang terlihat menonjol selama tahun ini.
Samsung Galaxy Tab 8.9 Inci

1. Samsung Galaxy Tab Series
Tersedia dalam ukuran layar 7 inci, 8.9 inci, dan 10.1 inci. Ada yang hanya menyertakan fitur Wi-Fi only dan ada yang dilengkapi modem 3G. Seri Samsung Galaxy Tab merupakan ikon tablet Android dan kebanyakan telah menggunakan sistem Android Honeycomb. Harga Galaxy Tab yang beredar di pasaran mulai Rp 2 jutaan hingga Rp 7 jutaan.

2. Asus Eee Pad Transformer/Transformer Prime
Asssus membuat gebrakan dengan mengeluarkan tablet andal Asus Eee Pad Transformer dan Eee Pad Transformer Prime (berprosesor quad-core). Fitur yang ditawarkan berupa docking station plus keyboard. Menurut Asus, tablet harus menjadi peranti yang multi fungsi: sebagai slate dan netbook. Kelebihan lain dari kedua tablet asal Taiwan ini adalah bobotnya nan ringan, mendukung Flash, memiliki dua kamera video HD, dan kartu grafis NVidia Tegra untuk gaming. Harga mulai Rp 4 jutaan hingga Rp 6 jutaan.

3. HP Touchpad
Meski tidak dilanjutkan lagi pengembangannya, sebenarnya HP Touchpad yang bersistem WebOS cukup ditunggu oleh konsumen. Sayangnya belum juga dirilis secara resmi, tablet ini keburu discontinue. HP bahkan langsung menurunkan harganya hingga US$99, padahal awalnya sempat tersiar harga resmmi Rp 5 jutaan. Tablet berukuran 9.7 inci memiliki dua kamera video, Wi-Fi, tidak ada modem 3G. Meski tidak didesain untuk Android, Touchpad banyak diburu karena ternyata bisa di-unlock dan dipasangi sistem Android. Wow...

4. Barnes and Noble Nook Series
Sebenarnya Nook yang memang diproyeksikan sebagai produk tablet, sementara Nook Color lebih nyaman sebagai e-reader. Nook Color bisa mengakses beberapa aplikasi di Android Market via situs Barnes and Noble, game, dan streaming video via Netflix dan Hulu Plus. Yup, tentu saja Nook Color bisa mengunduh katalog buku dari Barnes and Noble. Semua Seri tablet B&N hanya meyediakan akses Wi-Fi saja. Harga Nook Color sekitar Rp 2 jutaan dan Nook Tablet sekitar Rp 2,5 jutaan. Keduanya memiliki layar berukuran 7 inci dan menjadi salah satu pilihan tablet Android yang bisa dioprek :))

5. Acer Iconia Tab Series
Acer Iconia Tab A500 dengan prosesor dual-core, Wi-Fi, dan prosesor grafis Nvidia yang cocok untuk game banyak dimiminati oleh konsumen. Apalagi kamera yang ada di bodi depan dan belakang cukp bagus untuk merekam video atau untuk memotret. Tablet berukuran 10 inci ini sayangnya cukup berat bodinya. Selain A500, Acer juga mengeluarkan seri W500 yang juga berlayar 10 incim dan A100 yang berukuran 7 inci. Sistem Honeycomb, port USB, dan kapasitas simpan data yang besar menjadi pertimbangan lain bagi konsumen melirik tablet buatan Acer. A500 ditawarkan seharga Rp 4 juta hingga Rp 5 jutaan, tergantung kapasitas yang dimilikinya.

Sumber : gdgtgw.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar