Warga Australia Paling Banyak Idap Kanker Kulit

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Berjemur.jpg
TRIBUNNEWS.COM - Kebiasaan warga Australia berjemur di bawah sinar matahari ternyata menimbulkan efek negatif. Penduduk di negara Kanguru ini 13 kali lebih besar berisiko terserang kanker kulit dibanding negara lain. Demikian hasil penelitian yang dirilis Kamis waktu setempat.

Dalam laporan berjudul "Kanker di Australia 2010" yang dilakukan oleh pemerintah Australia tersebut mendapati bahwa bangsa pecinta sinar matahari itu telah menjadi negeri dengan rasio pengidap melanoma dan kanker kulit tertinggi di dunia.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit tersering yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Kedekatan Australia dengan Kutub Selatan, tempat terdapat lubang di ozon yang tadinya berfungsi sebagai menyaring sinar ultraviolet turut mempertinggi peluang penduduk di Australia terpapar kanker kulit.

Namun, tingkat deteksi yang membaik membantu pendataan diagnosa kanker kulit tiap tahunnya. Demikian disebutkan oleh Christine Sturrock, peneliti utama dari Institut Kesehatan Australia.

"Kita mempunyai tingkat deteksi kanker kulit yang lumayan bagus sehingga bisa menghasilkan temuan seperti ini. Di banyak negara lain kemampuan deteksi sangat lemah," kata Sturrock kepada AFP.

"Tapi kita punya tingkat kanker kulit yang terbesar di dunia," tambahnya.

Dari semua orang Australia yang didiagnosa terpapar kanker kulit, terjadi peningkatan sebanyak 27 persen antara tahun 1982 dan 2007. Perhitungan ini sudah meliputi pertumbuhan populasi dan tren populasi menua di Australia.

Walaupun pengidap kanker kulit bertambah, angka kematian akibat penyakit ini ternyata menurun pada periode 1982-2007.

Sturrock menyebutkan bahwa hasil temuan ini adalah hal yang menggembirakan dari laporan tahun 2010, yang mengumpulkan data dari seluruh negeri.

"Salah satu temuan paling positif dari laporan ini adalah menurunnya angka kematian akibat kanker kulit," katanya.

Laporan juga menyebutkan bahwa kanker limpa, kanker prostat, dan kanker payudara di kalangan mereka yang hidup dengan ekonomi menengah menunjukkan peningkatan. Namun korelasi ini belumlan jelas. (abd)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar