Segelas Anggur Selamatkan Wanita dari Osteoporosis

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/segelas-anggur.jpg

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan, satu gelas anggur sehari, ternyata dapat menyelamatkan wanita menopause dari osteoporosis alias tulang keropos.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of East Anglia dan King College London ini melibatkan lebih dari 1.000 pasang wanita kembar di Inggris yang berusia 50 tahun ke atas untuk mengeksplorasi hubungan antara diet dan risiko patah tulang.

Pola diet pascamenopause para peserta pun dipantau untuk melihat bagaimana makanan dan minuman berkorelasi dengan jumlah patah tulang. Peserta ditanyai mengenai daftar makanan mereka dan kebiasaan minum alkohol. Kemudian mereka menjalani serangkaian scan untuk mengukur ketebalan tulang di pinggul, dan tulang belakang.

Para peneliti pun menemukan konsumsi alkohol dari anggur terkait dengan kepadatan mineral tulang yang sangat baik bagi kondisi wanita pascamenopause.

Sementara itu mereka menemukan pula fakta yang menjelaskan pola makan tradisional Inggris yang kaya akan ikan, keripik, kacang panggang, dan daging terbukti memiliki efek merusak pada kekuatan tulang.

Meski belum mendapat penjelasan lebih dalam mengenai perngaruh anggur dan tulang, tetapi ilmuwan percaya pada penelitian sebelumnya yang menunjukkan kandungan polifenol dalam anggurlah yang punya peran. Kandungan polifenol tinggi terdapat pada kulit anggur, ini yang membuat jenis alkoholnya sangat baik bagi tulang, dan tidak ditemui dalam minuman beralkohol lain.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar