Penuhi Gizi Anak Usia 1-12

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Anak-makan.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usia 1-12 tahun merupakan usia pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kognitif yang besar. Karenanya pemenuhan gizi hendaknya sangat diperhatikan.

Saat usia sekolah anak tidak sepenuhnya bergantung pada orang tua, mereka mulai memilih makanan sendiri dan dipengaruhi oleh lingkungan sekolahnya. Karena itu orang tua dan guru mempunyai peranan dalam membina pola makan yang baik bagi anak.

"Usia ini merupakan perkembangan kognitif yang meliputi perkembangan memori, pemikiran kritis, kreativitas dan bahasa," ungkap dokter spesialis anak DR. Dr. Hartono Gunardi Sp A(K) Hartono Gunardi dalam diskusi ilmiah bertema `Keamanan Pangan dan Pola Konsumsi Anak' yang diselenggarakan Fonterra Brands Indonesia, Rabu (5/10/2011).

Pada masa ini gizi anak harus terpenuhi agar pekembangan kognitifnya tidak terhambat. Pola makan gizi seimbang, sarapan pagi, menghindari jajanan yang tidak sehat dan perlu diwaspadai kekurangan zat besi yang dapat menimbulkan anemia dan mengganggu tumbuh kembang pada usia ini.

"Salah satu kendala yang terjadi saat ini adalah belum adanya regulasi pemerintah akan takaran gizi sumber pangan anak. Sementara acuan dari badan-badan besar seperti World Health Organization telah ditetapkan, namun tentu saja, tanpa dukungan dan ketegasan dari pemerintah, acuan ini hanya akan menyentuh sebagian kecil masyarakat," katanya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar