Kesehatan Orang Dewasa Dipengaruhi Asupan Nutrisi Sejak Hamil

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Nutrisi-selama-hamil.jpg
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyakit yang diderita seseorang di usia dewasa ternyata telah terprogram sejak saat ia berada dalam kandungan. Oleh karena itu, kualitas pemenuhan gizi sejak di dalam kandungan dan semasa kanak-kanak harus sangat diperhatikan, karena hal tersebut memiliki efek jangka pendek dan panjang.

"Tingginya angka kematian ibu, bayi dan balita tertinggi di Indonesia disebabkan salah satunya karena masalah nutrisi sejak tahap kehidupan paling dini," ungkap dr. Judi Januadi Endjun, SpOG, seorang dokter ahli kandungan dan fetomaternal dalam talkshow Early Life Nutrition: Bentuk Awal Cinta Ibu untuk Si Buah Hati di Jakarta, Kamis (21/7/2011).

Pernyataan ini bukannya tanpa alasan. Di Indoensia, kelainan kelahiran yang sering dijumpai adalah Intra Uterium Growth Restriction (IUGR) yaitu bayi yang terlahir terlalu kecil (kurang dari 2.500 gram), dan Macrosomia yaitu bayi yang terlahir terlalu besar dibandingkan bayi pada umumnya (lebih dari 4.000 gram).

"Kedua kelainan ini berkaitan erat dengan asupan nutrisi sang ibu selama kehamilan, kondisi kesehatan ibu sebelum dan saat hamil dan juga gaya hidup ibu dan kebiasaan ibu sebelum dan selama hamil. Contohnya, ibu yang menderita diabetes dan tidak bisa menjaga pola makan dengan baik akan memiliki risiko besar untuk melahirkan bayi yang terlalu besar," ungkapnya.

Selain perhatian penuh akan nutrisi, penting sekali untuk secara rutin melakukan pemeriksaan prenatal maupun antenatal untuk menjamin bahwa setiap kehamilan mendapat kesempatan maksimal untuk mencapai puncaknya dan melahirkan bayi yang sehat tanpa mengganggu kesehatan ibunya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar