Api SEA Games Sudah Dinyalakan

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Logo-SEA-Games-Jakarta-Palembang2.jpg

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Obor api SEA Games "Torch Relay SEA Games 2011" yang diambil dari sumber Api Abadi Mrapen Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, telah tiba di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang pukul 16.30, Minggu (23/10).

Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo mengatakan, sebelumnya, proses pengambilan api abadi tersebut dimulai dari juru kunci Mrapen, kemudian diserahkan kepada Bupati Grobogan, dan diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, lalu diberikan kepada Menpora Andi Mallarangeng, dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo.

Obor SEA Games ini akan dibawa keliling Indonesia dari Grobogan kemudian ke Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jateng, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Daerah Khusus Ibukota, Sumatera Selatan, dan finish di Palembang Sumsel, tempat pembukaan SEA Games XXVI.

Rita Subowo mengatakan, dari api abadi Mrapen ini sudah dibawa ke mana-mana untuk pesta olahraga internasional.

Ia menyebutkan, yang pertama saat Asian Beach Games (ABG) I di Bali 2008, kemudian ABG II di Muscat, Oman 2010, dan rencananya juga untuk ABG III di China.
Bahkan rencananya untuk pesta olahraga multievent negara-negara Islam dunia "Islamic Solidarity Games" 2013 di Pekanbaru, Riau, 2013 juga akan mengambil sumber api dari Mrapen ini.

Menpora Andi Mallarangeng mengatakan, dengan berkobarnya api yang bersumber dari api abadi diharapkan bisa menjadi pendorong semangat persaudaraan negara di Asia Tenggara, mendorong "fair play", dan menjadi penyemangat atlet Indonesia pada SEA Games mendatang.

Ia mengatakan, semua bangunan fisik untuk pelaksanaan SEA Games sudah selesai dan kalaupun belum ada satu-dua saja yang perlu perbaikan. "Yang jelas SEA Games bisa digelar tepat waktu, dan yang jelas kita ingin jadi yang terbaik. Saat ini sedang dalam proses penyelesaian landscapenya," katanya.

Dalam acara Road to SEA Games di pelataran Taman Lumbini Candi Borobudur, juga ditampilkan sejumlah grup musik

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar