3 Bulan Sebelumnya langit-langit SDN 04 Juga Runtuh

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Murid-SD.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - SDN 01 Utan Kayu Utara terletak di komplek yang sama dengan SDN 02, 03 dan 04. SDN 01 juga direhabilitasi berbarengan dengan SDN 04 pada 2009 lalu.

Salah seorang penjaga sekolah, Udin (35), kepada Tribun mengatakan bahwa sekitar tiga bulan lalu langit-langit dari salah satu ruang kelas di SDN 04 Utan Kayu Utara juga runtuh. Untungnya saat itu sekolah tengah diliburkan.

"Jadi tidak ada korban, cuma bangunan saja yang rusak," katanya saat ditemui di SDN 01 Utan Kayu Utara, Selasa (25/10/2011).

Ia menjelaskan, bahwa pada 2009 lalu, SDN 01 direhabilitasi berbarengan dengan SDN 04. Menurutnya kedua sekolah itu diperbaiki oleh kontraktor yang sama. Hingga langit-langit SDN 01 Utan Kayu Utara runtuh pagi ini, ia pun tidak heran.

Pantauan Tribun, di kelas tempat insiden berlangsung sejumlah langit-langit dibagian belakang kelas terlihat telah runtuh. Padahal langit-langit yang berbahan gipsum itu masih tampak putih bersih, seolah belum lama dipasang.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Didi Sugandi mengatakan, gedung SDN Utankayu Utara 01, direhab berat oleh Sudin Dikdas Jakarta Timur tahun 2009.

Ia menduga telah terjadi kesalahan teknis dalam pemasangan langit-langit itu, sehingga bisa runtuh menimpa siswa. Didi menduga lepasnya plafon itu akibat skrup GRC terlalu dipasang menyamping dan jarak bentang holo kurang rapat.

"Namun demikian untuk kepastiannya besok akan dilakukan penelitian oleh Sudin Perumahan dan Gedung Pemda setempat bersama konsultan," jelasnya.

Kepada pihak kontraktor yang menggarap proyek tersebut, tentunya akan diberikan sanksi tegas. Terlebih jika ada unsur kelalaian, maka bukan tidak mungkin perusahaan akan masuk daftar hitam perusahaan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar