Video Call Bisa Bangkit Lagi Berkat 4G LTE

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/09/07/328/ponsel-sms-girl285(getty_.jpg
Singapura - Dengan teknologi Long Term Evolution (LTE), kendala bandwidth yang biasa ditemui di jaringan seluler 3G diyakini bisa diatasi. Bahkan, teknologi untuk seluler 4G ini bisa membangkitkan lagi layanan video call yang sempat mati suri.

Ya, video call lima tahun yang lalu, tepatnya saat 3G baru mulai diperkenalkan, kerap digembar-gemborkan sebagai salah satu killer application baru. Namun apa yang terjadi, video call faktanya kurang diminati, khususnya di Indonesia.

Arun Bhikshesvaran, Group Chief Marketing Officer Ericsson, mengakui, di awal perkenalannya dengan publik, video call gagal memberi impresi karena beberapa kemungkinan, antara lain, faktor belum terbiasanya komunikasi tatap muka dan kualitas jaringan yang kurang memadai untuk fitur video call tersebut.

"Padahal kalau disuruh memilih, orang harusnya lebih suka video call ketimbang percakapan suara saja. Karena saat ini tarifnya sama, dan pengalamannya lebih kaya. Bayangkan produktivitas yang bisa didapatkan jika layanan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin," kata dia.

Dalam sesi grup interview terbatas di sela LTE Asia 2011, di Singapura, Arun memaparkan bahwa dengan frekuensi LTE, logikanya kanal yang tersedia akan lebih banyak dan luas dibanding 3G untuk mengalirkan data besar, termasuk video call.

"Dengan LTE, kanal frekuensi yang tersedia meningkat empat kali lipat menjadi 20 MHz dengan bandwidth 100 Mbps, bahkan bisa 1 Gbps jika menggunakan LTE Advance. Meskipun sharing bandwidth, rasanya kapasitas yang tersedia masih cukup besar. Sebab, untuk video call yang stabil dibutuhkan sekitar 250-350 Kbps," paparnya lebih lanjut.

Arun pun turut menceritakan pengalamannya dalam menggunakan video call. Lewat aplikasi itu, dia bisa melakukan banyak hal. Mulai dari video conference dengan para pengambil keputusan di Ericsson pusat di Swedia, berkomunikasi dengan staf-nya di Amerika Serikat, dan menyapa keluarganya di India, lewat video call di iPad, iPhone, maupun iMac.

"Semua terasa berbeda dengan video call. Anda tak merasa jauh lagi meskipun ada di belahan dunia manapun. Untuk aplikasi video call yang bagus, saya sarankan untuk mendownload 'tango'. Aplikasi yang saya gunakan ini tersedia gratis di Apps Store maupun Android Market," saran dia.
Sumber : detikinet.com/read/2011/09/07/082441/1717023/328/video-call-bisa-bangkit-lagi-berkat-4g-lte?i991101105

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar