Inovasi Dunia Usaha di Indonesia Masih Rendah

Bookmark and Share
http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Menristek-bersalaman-dengan-Kapten-Kapal-Cina.jpg

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk memajukan pembangunan sosial ekonomi bangsa maka dibutuhkan adanya inovasi terutama di dalam dunia usaha. Sebagian besar pelaku usaha di Indonesia masih rendah dalam pengembangan inovasi.

"Perlunya pengembangan iptek dan jiwa teknopreneurship agar memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata dalam kuliah perdana di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Sabtu (17/9/2011).

Menurut data yang diperoleh dari Bank Indonesia dengan melakukan riset sekitar 29.000 bidang usaha di Indonesia ternyata hasilnya mengejutkan. Hampir sebagian besar pelaku usaha tidak melakukan inovasi dalam tumbuh kembangnya kemajuan ekonomi.

Dari hasil yang didapat, sebesar 78 persen pelaku usaha tidak melakukan inovasi apapun. Sendangkan yang melakukan inovasi sedang hanya 20 persen saja. Dari kesemuanya itu hanya dua persen saja yang ditemukan melakukan inovasi dalam dunia usaha.

Hasil ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia belum mampu menciptakan dunia usaha yang dinamis dan beragam sehingga selalu kalah bersaing dengan negara-negara lain. "Data ini harus berubah," imbuh Suharna.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar