Ilmuwan Temukan Reruntuhan 'Sekolah Gladiator'

Bookmark and Share
http://i.okezone.com/content/2011/09/07/56/499776/GEyVHxWwtT.jpg

NEW DELHI - Sebuah tim arkeolog telah menemukan reruntuhan bangunan sekolah gladiator Romawi di bagian luar Vienna, ibu kota Austria.

Seperti yang dikutip dari The Hindu, Rabu (7/9/2011), penemuan ini merupakan satu dari ratusan sekolah yang dibangun oleh bangsa Romawi untuk melatih para petarung sebelum mereka terjun ke medan pertempuran sesungguhnya.

Kelompok arkeolog dari Ludwig Ludwig Boltzmann Institute for Archaeological Prospection and Virtual Archeology di Viennna yang menemukan reruntuhan tersebut, juga menemukan ruang kamar mandi, kamar-kamar tidur, aula pelatihan dan areal penguburan.

Situs tersebut merupakan satu-satunya reruntuhan sekolah gladiator yang ditemukan di luar Italia. Sebelumnya situs tersebut juga telah dipetakan melalui radar, namun reruntuhan tetap berada di bawah tanah.

Menurut pihak berwenang di Austria, temuan tersebut dapat menyempurnakan struktur bangunan temuan sebelumnya, yakni Ludus Magnus, sekolah gladiator terbesar yang ditemukan di Roma, Italia.

Hasil scan radar menunjukkan bahwa di luar tembok sekolah gladiator tersebut terdapat areal penguburan, untuk mengubur para gladiator yang tewas bertarung.

"Penemuan ini adalah sebuah sensasi yang mengejutkan dunia," ujar Erwin Proell, Gubernur provinsi Austria bagian bawah.

Kini para peneliti berharap dapat mengangkat artefak-artefak tersebut dari bawah tanah, yang berisi baju zirah untuk bertempur, senjata-senjata, uang, dan barang-barang lainnya yang diperkirakan berusia sekira 2 ribu tahun.
(ATA)

Sumber : /techno.okezone.com/read/2011/09/07/56/499776/ilmuwan-temukan-reruntuhan-sekolah-gladiator

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar