Bawang Putih Kendalikan Kolesterol Darah

Bookmark and Share
http://images.detik.com/content/2011/09/09/900/BSgarlic3(content).jpg
Jakarta - Bawang putih merupakan bumbu dapur yang populer. Aromanya wangi dan memperlezat rasa makanan. Meskipun banyak yang kurang suka dengan aroma tajamnya, bawang putih memiliki kemampuan mengontrol kolesterol darah.

Makanan bisa membuat tubuh sehat tetapi juga bisa mendatangkan penyakit. Selain memberikan kelezatan dan rasa kenyang, makanan juga bisa membuat tubuh tahan terhadap serangan penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Penyakit jantung dipicu oleh kolesterol darah yang tinggi. Banyak orang tidak mengetahui kalau kadar kolesterolnya sudah meningkat tajam. Agar jantung tetap sehat dan kolesterol darahpun dalam keadaan normal, ada beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi secara teratur.

Minyak Ikan
Minyak ini mengandung asam lemak esensial omega 3 yang merupakan trigliserida. Minyak ini bisa membantu memelihara kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol jahat LDL dalam tubuh.

Teh Hijau
Sari teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mencegah oksidasi lebih lanjut dari LDL (kolesterol jahat), sehingga bisa mengontrol kadar kolestrol dan melawan penyakit kardiovaskular.

Barley
Barley atau cantel mengandung serat larut, vitamin B, beta glucan yang berperan penting dalam mengontrol kadar kolesterol. Bijian ini mengikat asam empedu dan memberikan ekskresi melalui saluran fecal sehingga bisa mengurangi tingkat kolestrol jahat dalam darah.

Kedelai
Kedelai memiliki kandungan protein yang sama baiknya dengan daging. Serat dan proteinnya berkerja untuk mencegah panyakit jantung koroner dan menurunkan tingkat kolestrol jahat (LDL) dan trigliserida.

Oatmeal
Oatmeal mengandung serat larut, beta glucan yang membantu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh. Makan 5-10 gram oatmeal setiap hari beresiko besar terhadap penurunan kolestrol LDL sebanyak 5% dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sebanyak 10%.

Bawang Putih
Sari bawang putih memiliki kandungan senyawa alil sulfida dan fitokimia lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami. Makanlah 2-3 siung bawang putih baik setiap pagi saat perut masih kosong.

Beras Merah
Kandungan lovastatin alami yang sudah berbentuk senyawa statin pada beras merah mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Makan beras merah setiap hari secara teratur mampu meningkatkan kolestrol baik (HDL) sebanyak 20-30%.

Sumber : .detikfood.com/read/2011/09/09/094210/1718736/900/bawang-putih-kendalikan-kolesterol-darah

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar